Apakah Pola Makan Pengaruhi Sistem Imun Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:17 WIB
Pola makan sehari-hari bisa mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Pola makan sehari-hari bisa mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Karena itu, penting untuk memperhatikan asupan harian kita agar daya tahan tubuh tetap terjaga, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menjaga imunitas sangat penting mengingat virus akan mudah menyerang ketika kekebalan tubuh menurun. Menurut Ahli Gizi DR. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ketika pandemi, risiko terjadinya penurunan imunitas justru tinggi. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan makan kita yang tidak berubah sebelum dan pada saat pandemi.

"Jadi kebiasaan pola makan sebelum pandemi masih diteruskan pada saat pandemi. Di mana kebiasaan masyarakat kita adalah mengonsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak jenuh," kata DR. Rita dalam webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh PT Ajinomoto Indonesia, belum lama ini.







Lantas, apa hubungan antara kebiasaan makan dengan imunitas tubuh?

DR. Rita menjabarkan, di dalam tubuh manusia terdapat zat yang memberi pengaruh berbeda terhadap tubuh itu sendiri, yakni karbohidrat. Kita tahu karbohidrat mengandung energi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, harus diingat pula bahwa di dalam karbohidrat terkandung pula gula. Nah, ketika konsumsi gula ini berlebihan, produksi insulin akan terpicu peningkatannya.

"Produksi insulin yang meningkat akan mencetuskan terjadinya peradangan yang selanjutnya mempengaruhi kesehatan pembuluh darah," ujar DR. Rita.

Gula juga memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan glikasi (ikatan antara gula dan kolagen) yang bakal menghalangi vitamin C masuk ke dalam sel, sehingga sel tubuh mudah mengalami serangan radikal bebas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More