5 Cara Mengolah Ikan Tuna agar Tidak Amis

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:30 WIB
Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Foto/Freepik
JAKARTA - Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Ikan laut ini mempunyai ukuran yang beragam dengan tekstur daging padat dan empuk. Pengolahan ikan tuna juga beraneka rupa.

Di restoran Jepang, ikan tuna biasanya disajikan mentah sebagai sashimi. Sementara di Indonesia, ikan tuna sering diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti gulai, tuna suwir, ikan tuna goreng, dan sebagainya.

Sayang, tidak semua orang mahir mengolah ikan tuna. Pasalnya, salah mengolah justru akan membuat ikan menjadi amis. ( )

Berikut tips mengolah ikan tuna secara tepat agar tidak amis, seperti dikutip dari laman EndeusTV.

1. Kenali Jenisnya



Sebelum membeli ikan tuna, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis ikan tersebut. Tuna yang dijual secara beku biasanya berasal dari luar negeri dengan warna merah muda. Namun, tuna lokal terdiri dari berbagai jenis dengan warna yang berbeda-beda, tergantung tempat ditangkapnya. Ada ikan tuna dengan daging yang lebih putih, ada juga yang gelap.

2. Pilih Ikan yang Segar

Tersedia dalam berbagai jenis, namun yang paling penting adalah pilih ikan tuna segar. Adapun ciri ikan segar yaitu memiliki bau amis yang tidak terlalu menyengat. Selain dari aromanya, bisa melihat tingkat kesegaran ikan dari kulitnya yang lembab. Membeli ikan tuna yang utuh lebih mudah untuk mengetahui tingkat kesegarannya daripada ikan tuna potongan.

3. Persiapkan Ikan Tuna
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More