Ini Berbagai Manfaat Durian untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

Rabu, 25 Januari 2023 - 23:44 WIB
loading...
Ini Berbagai Manfaat Durian untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah
Buah durian atau yang dikenal sebagai raja buah, bukan hanya lezat tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Buah durian atau yang dikenal sebagai raja buah, bukan hanya lezat tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun sebagian orang tak terlalu menyukai bau dari buah ini, nyatanya hampir semua bagian pohon durian, dari daun, kulit, akar, hingga buahnya telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia. Bagian dari durian itu biasa digunakan mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan penyakit kulit.

Seperti dikutip dari laman Helathline, studi menunjukkan bahwa buah durian menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan , antara lain:

Baca juga: Miliki Kulit Lebih Sensitif, Ini Pentingnya Penggunaan Skincare buat Bayi

1. Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidannya dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa senyawa dalam durian dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah.

3. Melawan Infeksi

Kulit buahnya mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antiragi.

4. Menurunkan Gula Darah

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya, yang berarti durian tidak meningkatkan kadar gula darah yang signifikan.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah durian dapat merangsang gerak peristaltik. Di mana hal tersebut dapat meringankan proses pencernaan di usus. Hal tersebut juga membantu mengobati masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, dan kram.

6. Menunda Penuaan

Durian kaya akan vitamin C. Nutrisi tersebut merupakan antioksidan kuat yang mengurangi stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas.

Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi beberapa tanda penuaan kulit.

Mengonsumsi durian dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, atau bintik-bintik penuaan.

Namun, sejauh ini penelitian hanya dilakukan sebatas pada hewan, dan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk menguatkan manfaat dari buah durian ini.

Berpotensi Berbahaya jika Dikonsumsi dengan Alkohol

Mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat menyebabkan masalah. Para peneliti percaya bahwa senyawa seperti belerang dalam durian dapat mencegah enzim tertentu memecah alkohol, menyebabkan peningkatan kadar alkohol dalam darah.

Baca juga: Dokter Gizi Sebut Anak Stunting Berisiko Mengalami Penyakit Tidak Menular

Hal tersebut dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, hingga kondisi jantung berdebar-debar. Agar aman, hindari makan durian dan minum alkohol secara bersamaan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)