11 Cara Mengobati Saraf Kejepit secara Alami, Mudah Dilakukan Kok!

Kamis, 26 Januari 2023 - 10:37 WIB
loading...
11 Cara Mengobati Saraf Kejepit secara Alami, Mudah Dilakukan Kok!
Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda. Foto Ilustrasi/Aica
A A A
JAKARTA - Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda. Cara mengobati saraf kejepit secara alami di artikel ini bisa jadi referensi Anda ketika mengalami masalah tersebut. Jika kondisi semakin serius, penanganan medis tetap diperlukan agar meminimalisir risiko perburukan.

Saraf kejepit mengacu pada kerusakan yang terjadi pada saraf atau sekelompok saraf ketika jaringan di sekitarnya (tulang rawan, cakram, tendon, atau otot) meningkatkan tekanan ke saraf.

Saraf kejepit bisa muncul di mana saja di tubuh Anda, namun ada area yang umum terjadi seperti di leher, bahu, pergelangan tangan, siku, atau punggung bawah.



Dokter Jacob Hascalovici, kepala petugas medis di platform kesehatan digital Clearing yang juga dokter spesialis nyeri mencatat, ada banyak jenis saraf kejepit yang diberi nama sesuai lokasinya. Dia mencontohnya dua nama ini.

Pertama, Carpal tunnel yang mana terjadi ketika saraf di area tendon yang melingkari tangan tertekan akibat peradangan tendon.

Lalu, jenis saraf kejepit kedua adalah ulnar neuropathy atau kondisi yang terjadi saat saraf ulnaris tertekan, sehingga menyebabkan kesemutan di tangan.

"Beberapa saraf kejepit membutuhkan perawatan profesional untuk mengobatinya, namun beberapa gejala saraf kejepit ringan dapat diminimalisir kondisinya di rumah," ungkap dr Hascalovici, dikutip dari Healthline, Kamis (26/1/2023).

Lantas, bagaimana cara mengobati saraf kejepit secara alami?

1. Atur Ulang Postur Tubuh

"Duduk atau berbaring dalam posisi tertentu dapat membantu meringankan rasa sakit," kata dr Kaliq Chang, dokter spesialis manajemen nyeri intervensi tulang belakang dan leher di Atlantic Spine Center.

Misalnya, seseorang mengalami saraf kejepit di leher atau punggung bawah, mungkin bisa mencoba meringkuk ke posisi janin di dalam rahim untuk menghindari rasa sakitnya.



2. Lebih Banyak Berdiri

Posisi duduk yang salah dapat menjadi penyebab saraf kejepit. Itu kenapa, dalam mengobati gejala saraf kejepit ringan, dokter akan merekomendasikan Anda lebih banyak berdiri daripada duduk.

Berdiri dan bergerak lebih sering di siang hari sangat penting untuk mencegah dan mengobati saraf kejepit di batang tubuh atau tubuh bagian bawah.

Jika Anda bekerja di kantor dan sedang alami gejala ringan saraf kejepit, usahakan bekerja di meja berdiri, sehingga Anda dapat berdiri saat bekerja. Bila tidak memungkinkan, pastikan sering bangkit dari kursi kerja dan lebih sering jalan di dalam kantor.

3. Ubah Posisi Keyboard

Ini pun penting untuk diperhatikan. Pada beberapa kasus saraf kejepit di pergelangan tangan atau lengan bawah, mengubah posisi keyboard jadi solusinya.

Idealnya itu keyboard harus diposisikan sedemikian rupa sehingga Anda sejajar dengan pergelangan tangan. Ini berarti pergelangan tangan tidak menekuk ke bawah atau ke atas saat menyentuh keyboard.

4. Punya Bola Roller

Benda satu ini dianggap sebagai investasi yang baik untuk mencegah nyeri pergelangan tangan. Rol busa ini baik untuk merilekskan otot yang tegang.

5. Pakai 'Sarung Tangan' Khusus

Sarung tangan yang dimaksud adalah bidai. Bidai diperlukan bagi Anda yang mengalami sindrom carpal tunnel yang parah. Dengan pakai bidai, posisi pergelangan akan terlindungi sekaligus beristirahat.

Penyangga pergelangan tangan ini akan sangat membantu mengatasi saraf kejepit, karena pergelangan tangan tidak menekuk ke posisi yang salah yang bisa membuat nyeri semakin sakit.

6. Istirahat

Mau bagaimana pun Anda tetap butuh istirahat. "Dengan mengambil waktu istirahat, ini akan membuat saraf yang tadinya aktif menjadi lebih tenang," ungkap dr Chang.

Jika episode nyeri saraf kejepit sudah mulai teratasi, aktivitas keseharian harus kembali secara perlahan. Ini dimaksudkan agar otot tidak tegang mendadak jika langsung kerja normal.

7. Stretching

Menurut dr Hascalovici, selain istirahat orang dengan saraf kejepit mesti rutin melakukan peregangan. Ini dapat mengatasi masalah dalam beberapa hari.

"Peregangan yang ringan dan dilakukan dengan sangat lembut dapat membantu meredakan tekanan pada saraf dan memperbaiki gejala," katanya.

8. Kompres Es

Jika saraf kejepit baru terjadi, dr Hascalovici menyarankan kompres es. "Kompres es dapat digunakan untuk menurunkan level nyeri. Setelah itu, Anda bisa melakukan pijatan lembut di area yang nyeri selama 5 menit kurang lebih," sarannya.

9. Kompres Air Hangat

Setelah nyeri berkurang dengan kompres es, yang bisa Anda lakukan adalah kompres air hangat. Suhu panas dapat mengendurkan otot yang mungkin tegang di sekitar saraf kejepit. Panas juga dapat melancarkan aliran darah yang dapat membantu proses penyembuhan.

10. Angkat Kaki

Penting untuk diperhatikan bahwa jika saraf kejepit ada di punggung bawah, maka angkat kaki lebih tinggi dari posisi tidur.

11. Minum Pereda Nyeri

Jika Anda ingin mencoba pereda nyeri, obat umum yang direkomendasikan adalah antiinflamasi nonsteroid OTC seperti ibuprofen atau aspirin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)