Sandiaga Uno Ungkap Alasan Kenapa Kunjungan Wisman Indonesia Masih Kalah Jauh dari Turki

Kamis, 26 Januari 2023 - 12:13 WIB
loading...
Sandiaga Uno Ungkap Alasan Kenapa Kunjungan Wisman Indonesia Masih Kalah Jauh dari Turki
Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Indonesia masih jauh dibanding Turki. / Foto: dok. MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Kunjungan wisatawan mancanegara Indonesia ternyata masih jauh dibanding Turki. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno pun menyebut faktor infrastruktur pendukung, serta akses keluar-masuk yang lebih mudah.

Pernyataan tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat menjawab pertanyaan Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Gedung Nusantara I, Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Baca juga: Tambah Jumlah Penerbangan, Kemenparekraf Akan Undang Maskapai Luar Negeri

Andreas melontarkan pernyataan bahwa kunjungan wisman ke Turki pada Desember 2022 lalu mencapai 50 juta. Capaian itu dinilai masih jauh dibandingkan Indonesia, yang hingga November 2022 baru mencapai 4,58 juta kunjungan wisman.

Sandiaga Uno pun menyampaikan bahwa capaian 50 juta kunjungan wisman di Turki itu membuat Kemenparekraf lebih terpacu lagi, terus berusaha meningkatkan target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Ini angka yang dibanding kita jauh sekali. Ini luar biasa. Tapi okelah kita harus tetap berjuang, perbaiki bagaimana meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia," tutur Menparekraf Sandiaga Uno.

Menurutnya, 50 juta kunjungan wisman yang dicapai Turki bukan dalam waktu singkat. Di mana negara tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur dasar, yaitu bandar udara.

Sandiaga juga menyebut bahwa selain melalui jalur udara, wisatawan bisa memasuki Turki menggunakan jalur darat. Di mana negara tersebut terletak di antara dia benua, yaitu Asia dan Eropa.

Sementara di Indonesia, untuk memasuki negara lain dengan jalur darat hanya sebatas Timor Leste dan Malaysia saja. Berbeda dengan Turki, di mana aksesnya cukup luas sehingga mempermudah wisman untuk memilih alternatif jalan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)