5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Obati Insomnia hingga Kanker

Sabtu, 28 Januari 2023 - 21:05 WIB
loading...
A A A


3. Mengobati Insomnia

Secara tradisional, daun sirsak telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun ini memiliki aktivitas relaksan otot polos dan bertindak sebagai obat penenang. Mengonsumsi segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

4. Mengatasi Diabetes

Pemberian harian 100 mg/kg ekstrak sirsak encer pada tikus menunjukkan kontrol glikemik yang kuat. Daun sirsak dapat membantu meningkatkan metabolisme glukosa. Tikus yang diberikan daun sirsak selama 28 hari menurunkan kadar glukosa darah dan kadar kreatinin serum.

Temuan ini juga membuktikan daun sirsak dapat menyeimbangkan aktivitas enzim hati. Tingkat kolesterol total dan trigliserida juga dipulihkan.



5. Melindungi Kesehatan Mulut


Daun sirsak bersifat bakterisida dan fungisida. Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat digunakan melawan mikroba mulut sampai batas tertentu. Ekstrak daun ini memiliki sifat antimikroba dan fungisida. Strain ini ditemukan menyebabkan periodontitis, gingivitis, dan penyakit mulut lainnya.

Eksperimen laboratorium melaporkan efek antimikroba dari daun sirsak. Mereka paling ampuh melawan jamur candida albicans. Hasil ini menunjukkan potensi daun sirsak dalam mengobati gangguan mulut.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)