5 Jenis Daun yang Mengandung Khasiat Kesehatan, Banyak Tumbuh di Indonesia

Minggu, 29 Januari 2023 - 17:05 WIB
loading...
5 Jenis Daun yang Mengandung Khasiat Kesehatan, Banyak Tumbuh di Indonesia
Beberapa jenis daun diketahui memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis daun diketahui memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan. Berkat khasiat itu, daun-daunan ini kerap digunakan dalam pengobatan tradisional.

SINDOnews kali ini merangkum lima jenis daun yang memiliki khasiat kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, asam urat, dan lain sebagainya. Berikut informasinya.

1. Daun Sirih

Daun sirih ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan dan darah tinggi lho. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus daun di dalam air sampai mendidih, jumlahnya sebanyak 3—4 lembar.



Menurunkan kolesterol tinggi dengan daun sirih pernah diungkapkan dalam salah satu penelitian. Penelitian itu menyebut bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi, dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL).

2. Daun Salam

Daun salam biasa digunakan sebagai bahan masakan. Di samping itu, daun salam juga bermanfaat bagi kesehatan. Khasiatnya mampu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Selain itu kandungan flavonoid di dalam daun salam mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut Health Beat, daun salam bisa dijadikan minuman seperti teh. Daun salam merupakan sumber vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Jika dikonsumsi teratur dalam makanan bisa meningkatkan kesehatan secara umum.

3. Daun Kelor

Melansir Healthline, Minggu (29/1/2023), daun kelor juga bisa mengobati kolesterol. Kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3128 seconds (0.1#10.140)