Mengenal Manfaat Teh untuk Atasi Masalah Pencernaan, Ini Penjelasan Ahli

Selasa, 31 Januari 2023 - 06:06 WIB
loading...
Mengenal Manfaat Teh untuk Atasi Masalah Pencernaan, Ini Penjelasan Ahli
Banyak anggapan bahwa teh bisa membantu masalah pencernaan, seperti kembung, kram perut dan sembelit yang sulit untuk diatasi. Lantas benarkah hal itu? Foto/Ilustrasi/AFP
A A A
JAKARTA - Banyak anggapan bahwa teh bisa membantu masalah pencernaan, seperti kembung, kram perut dan sembelit yang sulit untuk diatasi. Lantas benarkah hal itu?

Mengenai hal tersebut, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, ada beberapa manfaat kesehatan dari secangkir teh sederhana. Pertama yakni sumber antioksidan yang kaya. Karena, senyawa tersebut bisa mengurangi risiko penyakit kronis tertentu

Tapi, bila menyangkut soal pencernaan, menurunkan berat badan, dan teh anti kembung kerap terdengar terlalu berlebihan. Karena, banyak penelitian di balik manfaat teh didasarkan pada ekstrak herbal, dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak daripada jumlah yang ditemukan dalam teh.

Oleh karena itu, sulit untuk mengatakan apakah secangkir teh bisa memberikan manfaat yang sama bagi kesehatan seperti ekstrak herbal lainnya.



Menurut Nancy Z. Farrell Allen, juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, pencernaan merupakan proses di mana makanan kita dipecah menjadi unit yang lebih kecil dan bisa diserap. Hal itu memungkinkan tubuh mengubah nutrisi menjadi energi, dan mengeluarkan sisanya sebagian limbah.

"Pencernaan yang baik akan menyiratkan bahwa proses ini bekerja secara efektif dan efisien, untuk penyerapan nutrisi yang tepat dengan minimal, jika ada, ketidaknyamanan tubuh, diikuti dengan pembuangan sisa makanan secara alami," ucapnya.

Sistem pencernaan sendiri membentang dari kerongkongan ke anus, di mana masing-masing bagian memiliki peran. Tapi proses pencernaan tak selalu lancar, karena ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhinya.

Faktor tersebut antara lain yakni Intoleransi makanan, Masalah tidur, alergi, masalah diet, kurang olahraga, penyakit kronis, dan gaya hidup yang buruk.

Menurut Farrell Allen, minum teh terbilang menenangkan, dan mungkin lebih membantu melawan ketidaknyamanan perut atau kembung, serta memiliki banyak khasiat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)