6 Asupan Alami Mengatasi Gangguan Pencernaan, Jahe hingga Air Putih

Selasa, 28 April 2020 - 14:08 WIB
loading...
6 Asupan Alami Mengatasi Gangguan Pencernaan, Jahe hingga Air Putih
Gangguan pencernaan adalah kondisi umum yang terjadi pada pria dan wanita dari semua kelompok umur. Hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kita semua pernah merasakan bagaimana perut mengalami gangguan kesehatan yang membuat sangat tidak nyaman sama sekali. Beberapa contoh yang pernah dirasakan, seperti mual atau terbakar yang biasanya terjadi selama atau setelah makan.

Sementara, gangguan pencernaan adalah kondisi umum yang terjadi pada pria dan wanita dari semua kelompok umur dan sering disebabkan karena makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, makan yang berlemak atau pedas, minum alkohol berlebihan, merokok, stres dan kelelahan.

Berikut adalah asupan yang penting dikonsumsi saat terjadi gangguan pencernaan seperti dilansir Boldsky.

1. Jahe
Jahe adalah bahan yang mudah ditemui di rumah dan kerap digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan yang disebabkan oleh refluks asam dan dapat membantu meringankan gejala.

2. Air putih
Minumlah banyak air putih karena tubuh akan membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman dengan baik. (Baca juga: Simak, Ini Tips untuk Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa ).

3. Mint
Anda bisa minum jus daun mint karena mengandung sifat antimikroba dan gastrointestinal yang dapat membantu mencegah atau mengobati gangguan pencernaan yang terkait dengan lambung atau lainnya.

4. Jus jeruk nipis dan air
Menurut sebuah penelitian, konsumisbjus jeruk nipis dengan campuran soda kue dan ditambah dengan air diyakini dapat melancarkan gangguan pencernaan dan sakit perut akibat keasaman setelah konsumsi makanan pedas.(Baca juga: 5 Masker Buah yang Ampuh Obati Kulit Kering ).

5. Pisang
Pisang mengandung vitamin B6, potasium, folat, dan magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu menghilangkan kejang otot, rasa sakit dan kram di perut dan meringankan diare. (Baca juga: Nikahi Pengusaha Sirajuddin, Zaskia Gotik Jadi Rajin Memasak ).

6. Nasi
Makan nasi putih dapat membantu meringankan gangguan pencernaan karena adanya banyak kotoran, dan dapat menurunkan sakit perut dan kram serta menyerap cairan yang mungkin mengandung racun.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7047 seconds (0.1#10.140)