Kisah Rika, Peternak Burung Kicau yang Sukses Raup Banyak Cuan dari Penangkaran Murai Batu

Selasa, 31 Januari 2023 - 11:40 WIB
loading...
Kisah Rika, Peternak Burung Kicau yang Sukses Raup Banyak Cuan dari Penangkaran Murai Batu
Rika, pemilik sebuah penangkaran, seperti membangun kerajaan burung kicau berjenis murai batu. Foto/Tangkapan Layar YouTube Tanilink TV
A A A
JAKARTA - Burung kicau bakal membawa cuan jika benar-benar dipelihara dengan baik, apalagi sampai diternak. Namun di balik pundi-pundi rupiah yang menanti, merawat burung kicau tak semudah yang dibayangkan alias butuh ketelatenan.

Setidaknya itulah yang dijalankan oleh Rika, pemilik penangkaran Murai Baru TAS (Tiga Anak Sukses) BF. Berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, Rika seperti membangun 'kerajaan' burung kicau berjenis murai batu.

Tak tanggung-tanggung, Rika sampai memiliki sebuah bangunan tiga lantai meliputi 150 kandang. Setiap kandang diisi mulai dari sepasang burung, sampai burung-burung kicau murai batu yang dibiarkan hidup berkoloni.



Dari banyaknya burung yang diternak sejak 2016, bisa dikatakan sosok Rika ini memang memiliki passion pada bidang tersebut. Ya, Rika mengaku, selain melihat keuntungan besar dari burung murai, ia merasa merawat burung kicau adalah hobi.

"Satu hobi, lihat sekitar banyak yang suka, dan melihat harga murai itu stabil terus, akhirnya saya tertarik" kata Rika, dikutip dari kanal YouTube Tanilink TV, Selasa (31/1/2023).

Tapi perlu diingat, modal Rika untuk menjadi peternak burung kicau murai batu bukan sekedar uang, keberanian, atau hobi saja. Ia juga belajar banyak hal seperti faktor kesuksesan, apa yang bisa membuat burung nyaman, hingga memahami betul risiko atau masalah yang dia dihadapi.

Faktor Sukses Bangun Penangkaran Burung
Kisah Rika, Peternak Burung Kicau yang Sukses Raup Banyak Cuan dari Penangkaran Murai Batu

Foto/YouTube Tanilink TV

Mengelola ratusan burung murai batu dikatakan Rika membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jika dua hal itu tak dipenuhi, tentu dia akan merasa kesulitan.

Pasalnya, Rika menjelaskan, setiap burung memiliki karakter masing-masing. Sebagai peternak burung, dia harus mampu memahami satu per satu keunikan karakter burung.

"Ada burung yang nggak suka ramai, macem-macem. Stres sedikit bisa mati burung itu. Harus teliti," kata Rika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)