4 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Salah Satunya Radang Panggul

Rabu, 01 Februari 2023 - 11:40 WIB
loading...
4 Penyebab Darah Haid Berwarna Hitam, Salah Satunya Radang Panggul
Darah haid berwarna hitam dialami banyak wanita kala menstruasi alih-alih darah merah yang umum terjadi. Foto Ilustrasi/Love Wellness
A A A
JAKARTA - Darah haid berwarna hitam dialami banyak wanita kala menstruasi alih-alih darah merah yang umum terjadi.

Sepanjang siklus haid, warna dan konsistensi darah memang bisa berubah-ubah. Namun, bagaimana jika darah yang keluar berwarna hitam?

Dalam banyak kasus, darah haid berwarna hitam atau cokelat merupakan kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Darah haid hitam bisa muncul pada awal atau akhir masa menstruasi.



Darah haid berwarna hitam atau cokelat tua juga bisa merupakan darah lama alias darah yang tersisa dari menstruasi bulan lalu. Dengan keluarnya darah haid hitam, artinya tubuh berusaha untuk membersihkan diri.

Meski begitu, terdapat berbagai penyebab darah haid berwarna hitam. Apa saja itu? Berikut penjelasannya, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

1. Darah Haid Tertahan

Darah haid berwarna hitam bisa terjadi karena ada darah haid yang tertahan atau dikenal dengan hematocolpos, yakni kondisi yang terjadi ketika darah menstruasi terhambat dan tidak bisa keluar dari rahim, serviks, atau vagina. Akibatnya, darah haid berwarna hitam dan menggumpal.

Penyumbatan ini dapat terjadi karena kelainan bawaan yang berdampak pada selaput dara, septum vagina, atau dalam kasus langka tidak adanya serviks (agenesis serviks).

Jika Anda merasakan beberapa gejala seperti darah berbau busuk, demam, sulit buang air kecil, bengkak, dan gatal di area vagina, bisa jadi darah haid hitam itu muncul akibat penyumbatan dalam vagina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)