6 Efek Samping Daun Kelor, dari Sakit Perut hingga Keguguran

Kamis, 02 Februari 2023 - 06:30 WIB
loading...
6 Efek Samping Daun Kelor, dari Sakit Perut hingga Keguguran
Efek samping daun kelor perlu diwaspadai. Sebab, di balik vitamin dan mineral di dalamnya, daun ini bisa menyebabkan sakit perut hingga risiko keguguran. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Efek samping daun kelor perlu diwaspadai. Sebab, di balik vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, daun ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dari sakit perut hingga meningkatkan risiko keguguran .

Daun kelor adalah tanaman yang kuat dan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, beberapa orang mungkin akan mengalami sakit perut atau masalah pencernaan lainnya. Karena itu, penting untuk konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor.

Jika sedang hamil atau menyusui, hindari mengonsumsi daun kelor karena bahan kimia yang ditemukan di akar, kulit kayu dan bunga bisa berbahaya. Akar kelor dilaporkan tidak aman dikonsumsi lantaran mengandung zat beracun.

Selain itu, daun kelor bisa memiliki interaksi dengan beberapa obat. Jika Anda tertarik untuk mencoba kelor, sebaiknya mulai dengan dosis kecil, seperti setengah hingga satu sendok teh per hari. Lebih dari 70 gram kelor setiap hari dapat menyebabkan keracunan vitamin dan mineral. Berikut daftar efek samping daun kelor dilansir dari Healthifyme, Kamis (2/2/2023).



1. Sakit Perut

Daun kelor memiliki sifat pencahar. Dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit perut, distensi gas, diare dan mulas.

2. Muntah

Jika Anda tidak menyukai rasa daun kelor, hal itu dapat mengaktifkan refleks muntah. Hindari mengonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan mual.

3. Keguguran
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2818 seconds (11.210#12.26)