Deretan Mitos Burung, Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan dan Petaka

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:07 WIB
loading...
Deretan Mitos Burung, Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan dan Petaka
Beberapa orang masih mempercayai mitos yang ada di tengah masyarakat terkait burung, sebagai bahan pertimbangan untuk memelihara burung. / Foto: ilustrasi/NewScientist
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang memelihara burung hingga akhirnya menjadikannya sebagai sebuah hobi. Kicauan burung yang merdu, warna yang indah, hingga bisa memiliki nilai ekonomi adalah beberapa alasan seseorang memelihara burung.

Tak hanya memelihara, para penghobi burung juga kerap mengikutsertakan peliharaannya di ajang perlombaan burung untuk meraih prestise.

Meski demikian, beberapa orang masih mempercayai mitos yang ada di tengah masyarakat terkait burung, sebagai bahan pertimbangan untuk memelihara burung. Pecinta burung meyakini, terdapat jenis burung yang mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya, bahkan sebaliknya, dapat membawa kesialan. Berikut deretan mitos burung.

Baca juga: 10 Jenis Burung dengan Harga Fantastis, Ada yang Terjual hingga Rp1,5 Miliar

Burung Perkutut

Ada mitos yang berkembang di masyarakat Jawa mengenai burung perkutut. Burung ini menjadi salah satu simbol kesempurnaan pria yang sudah mapan. Selain itu, burung perkutut juga simbol ketenteraman batin untuk yang memeliharanya.

Burung perkutut sering pula dikaitkan dengan hal gaib. Misalnya, mitos perkutut dapat berubah menjadi ular. Ini tak asing lagi di masyarakat. Namun, tak sedikit yang mempertanyakan. Pasalnya, hal tersebut mustahil karena perkutut dan ular merupakan hewan yang berbeda. Tetapi jika berbicara gaib, maka hal tersebut bisa saja terjadi.

Mitos burung perkutut lainnya, burung ini dapat hidup di dua alam, yaitu alam gaib dan nyata. Mitos tersebut berawal dari Kerajaan Majapahit, di mana seekor perkutut joko mangu yang merupakan burung favorit raja diyakini sebagai titisan pangeran. Tak hanya itu, perkutut kerap pula menjadi sarana pesugihan. Konon, seseorang yang melakukan pesugihan perkutut akan mengalami perubahan besar dalam hal rezeki.

Burung Kedasih

Burung kedasih termasuk burung yang jarang dipelihara oleh kicau mania Indonesia. Burung ini diselimuti mitos terkait kematian. Maka dari itu, kehadirannya dianggap membawa celaka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)