5 Cara Turunkan Asam Urat secara Alami Tanpa Obat

Minggu, 12 Februari 2023 - 04:40 WIB
loading...
5 Cara Turunkan Asam Urat secara Alami Tanpa Obat
Asam urat adalah radang sendi yang ditandai dengan rasa sakit secara tiba-tiba. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Asam urat adalah radang sendi yang ditandai dengan rasa sakit secara tiba-tiba. Umumnya, sakit itu dialami para orang tua atau lansia.

Serangan asam urat biasa berlangsung sekitar lima hingga 10 hari dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Untuk menurunkan asam urat, ada cara alami yang bisa dilakukan alias tanpa obat. Berikut ulasannya.

1. Minum Air Putih

Rutin minum air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi penderita asam urat. Hal itu diungkapkan dalam American Journal of Lifestyle Medicine bahwa keringat berlebih setelah berolahraga atau mandi sauna, menurunkan ekskresi asam urat urin.



Oleh karena itu, peneliti menganjurkan banyak minum air putih untuk menghindari peningkatan kadar asam urat setelah aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.

"Saat purin dipecah, asam urat dibuat. Biasanya asam urat diserap kembali ke dalam tubuh atau dikeluarkan melalui urin dan feses," demikian ulasan di situs Verywell, dikutip Minggu (12/2/2023).

2. Minum Kopi

Ini salah satu minuman yang disukai banyak orang Indonesia, khususnya pria. Melansir Verywell, dari tinjauan studi tahun 2015 ditemukan bahwa pada pria yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki 40% penurunan risiko asam urat.

Sementara mereka yang minum 6 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 59% lebih rendah, jika dibandingkan tanpa kopi.

3. Minum Jahe

Minum jahe bukan hanya menghangatkan tubuh. Ada studi yang menemukan bahwa jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Melansir laman Healthline, ada studi lain yang menunjukkan bahwa kadar asam urat tinggi (hiperurisemia) serumnya bisa berkurang dengan jahe.



4. Pisang

Buah yang sering disebut bermanfaat bagi penderita asam urat ialah pisang. Sebab pisang kaya potasium, yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang mendukung manfaat pisang dalam menurunkan asam urat. Healthline menyarankan agar makan satu pisang per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi buah atau makanan tinggi vitamin C bisa menurunkan asam urat. Salah satu studi prospektif yang diterbitkan pada 2009 -diikuti hampir 47.000 pria selama 20 tahun, meneliti risiko asam urat dalam kaitannya dengan asupan vitamin C.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena asam urat sekitar 45%. Anda dianjurkan mengonsumsi 1.500 miligram atau lebih vitamin C setiap hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)