Perbedaan Kista, Tumor, dan Kanker Payudara

Senin, 13 Februari 2023 - 16:16 WIB
loading...
Perbedaan Kista, Tumor, dan Kanker Payudara
Kanker payudara, kista payudara dan tumor payudara merupakan kondisi yang berbeda. Baik ciri-ciri benjolan, pergerakan hingga pertumbuhan kista, tumor, kanker. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kanker payudara , kista payudara dan tumor payudara merupakan kondisi yang berbeda. Baik dari ciri-ciri benjolan, pergerakan hingga pertumbuhan kista, tumor, atau kanker.

Namun, kanker payudara, kista payudara dan tumor payudara bisa dialami oleh siapa saja. Karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan ketiga penyakit ini untuk pencegahan.

Berikut perbedaan antara kanker payudara, tumor payudara, dan kista payudara, dilansir dari beberapa sumber, Senin (13/2/2023).



1. Kista Payudara


Kista payudara merupakan kondisi di mana adanya kantung kecil yang berisi udara, cairan, atau lainnya di payudara. Kista berbeda dengan tumor yang merupakan jaringan yang tumbuh secara tidak normal. Baik kista maupun tumor dapat muncul di kulit, jaringan, organ, dan tulang.

Salah satu faktor terbentuknya kista payudara adalah ketika adanya penumpukan cairan. Mungkin ada hubungan antara kista dan kadar hormon yang berfluktuasi, tetapi penyebab pastinya tidak jelas.

Berkembangnya kista di payudara kemungkinan karena adanya respons terhadap hormon yang berhubungan dengan menstruasi. Umumnya, bentuk kista payudara yakni oval atau bulat dengan tekstur sedikit kenyal ketika diraba. Benjolan umumnya terasa empuk dan terasa sakit ketika diraba.

Benjolan yang disebabkan oleh kista mudah berpindah tempat. Biasanya, benjolan membesar sebelum wanita mengalami masa menstruasi. Ketika masa menstruasi telah berakhir, biasanya benjolan akan mengecil dengan sendirinya.

2. Tumor Payudara

Tumor payudara merupakan sebuah benjolan pada jaringan payudara yang terbentuk secara abnormal. Tumor payudara dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)