JEC Hadirkan Layanan Tele-Oftalmologi Pertama di Indonesia

Selasa, 28 April 2020 - 17:00 WIB
loading...
JEC Hadirkan Layanan Tele-Oftalmologi Pertama di Indonesia
Lewat JEC @ Cloud, pasien dan masyarakat mudah mendapatkan akses konsultasi dengan para pakar kesehatan mata JEC dari mana saja secara daring. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - JEC Eye Hospitals & Clinics meluncurkan layanan terbaru JEC @ Cloud. Layanan ini dibuka untuk memberikan konsultasi kesehatan mata melalui peralatan medis digital dan teknologi informasi (tele-oftalmologi) kepada masyarakat.

JEC menjadi institusi kesehatan mata pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas tele-oftalmologi. Lewat JEC @ Cloud, pasien dan masyarakat luas bakal mudah mendapatkan akses konsultasi dengan para pakar kesehatan mata JEC dari mana saja secara daring. Layanan tersebut menjadi solusi tepat di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti saat ini.

Hadirnya JEC @ Cloud sejalan dengan imbauan Kementerian Kesehatan yang menganjurkan rumah sakit untuk mengembangkan pelayanan jarak jauh (telemedicine). Ini sekaligus menjawab seruan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyarankan pasien melakukan pembatasan kunjungan ke fasilitas kesehatan selama pandemi COVID-19, dan lebih memanfaatkan fasilitas telekonsultasi atau home visit care guna meminta saran dokter.

Presiden Direktur JEC Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K) menyampaikan, di awal mewabahnya COVID-19, JEC telah sigap menyiapkan langkah strategis dan taktis guna memastikan keselamatan pasien serta tenaga medis dan non-medis atas risiko paparan virus tersebut.

"Tak berhenti di situ, kami juga bergegas merumuskan solusi untuk tetap menjaga kesehatan mata masyarakat Indonesia. Karenanya, di masa limitasi sosial karena wabah COVID-19, kami mempersembahkan layanan tele-oftalmologi JEC @ Cloud yang memungkinkan akses praktis untuk berkonsultasi dengan dokter ahli mata JEC secara online," beber Dr. Johan melalui siaran resminya, kemarin.

JEC @ Cloud menawarkan layanan konsultasi kesehatan mata melalui peralatan medis digital dan teknologi komunikasi tanpa memerlukan kedatangan pasien secara fisik ke rumah sakit/klinik JEC. Penggunaan JEC @ Cloud terutama ditujukan untuk virtual triage, di mana pasien akan mendapat arahan yang jelas apakah kondisi keluhan matanya adalah suatu hal yang sifatnya gawat darurat dan perlu mendapatkan penanganan langsung di fasilitas kesehatan mata terdekat, atau kondisi mata yang bisa ditangani sementara waktu dengan home remedy dan obat-obatan.

Layanan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pasien pascaoperasi/tindakan di JEC yang ingin berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, JEC @ Cloud dilengkapi fasilitas konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan psikolog anak-dewasa JEC.

Untuk bisa mendapatkan layanan JEC @ Cloud, pasien (lama ataupun baru) cukup menghubungi JEC melalui contact center 0804 122 1000 atau WhatsApp 0878 2922 1000, atau email jec.cloud@jec.co.id. Petugas JEC kemudian akan mengarahkan pasien untuk mengikuti langkah-langkah lebih lanjut guna mendapatkan akses ke platform komunikasi digital yang telah disediakan guna langsung berkonsultasi secara daring dengan dokter.

"Keamanan data pasien menjadi perhatian khusus JEC. JEC sangat menghormati privacy pasien. Rekaman konsultasi daring dan riwayat medis pasien terjamin kerahasiaannya sesuai etika kedokteran," timpal Dr. Valenchia, SpM, Kepala Pelayanan Tele-Oftalmologi JEC @ Cloud.

Bagi pasien lama JEC, layanan ini telah terintegrasi dengan data rekam medis yang aman. Dengan demikian, dokter JEC dapat memberi arahan yang lebih komprehensif berdasarkan riwayat medis pasien. Lebih dari itu, apabila pasien mendapat resep dari dokter, JEC @ Cloud akan mengatur penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan untuk dikirim langsung ke rumah melalui kurir online. Kemudahan ini tentu bertujuan agar pasien tetap di rumah, merasa aman dan nyaman.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)