Kenali 5 Jenis Terapi untuk Tangani Anak dengan Autisme

Kamis, 16 Februari 2023 - 06:32 WIB
loading...
Kenali 5 Jenis Terapi untuk Tangani Anak dengan Autisme
Autisme pada dasarnya tidak termasuk sebagai penyakit, namun kondisi di mana otak bekerja dengan cara yang berbeda dari orang lain. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial , seorang anak berusia 2 tahun 10 bulan yang diduga mendapat tindakan kekerasan ketika menjalani terapi di salah satu rumah sakit di Depok.

Dalam video yang beredar di media sosial tersebut, anak yang diketahui berinisial RF itu dikempit menggunakan paha oleh pelaku. RF pun terlihat menangis saat menjalani terapi.

Kapolres Depok, Kombes Pol Ahmad Suady, Rabu (15/2/2023), menyebutkan bahwa anak tersebut melakukan terapi karena mengalami autism spectrum disorder (ASD). "Namun dalam pelaksanaan terapi di dalam video yang viral ternyata ada dugaan tindakan kekerasan terhadap anak," lanjutnya.

Baca juga: Viral, Bocah 2 Tahun di Depok Diduga Alami Kekerasan saat Terapi di Rumah Sakit

Dari informasi tersebut, banyak pihak yang bertanya-tanya apa itu ASD? Lalu, bagaimana bentuk terapi kepada anak penderita ASD yang seharusnya?

Mengutip laman WebMD, ASD atau yang lebih dikenal dengan autisme adalah salah satu bentuk gangguan perkembangan saraf yang bisa diderita oleh beberapa anak.

Gangguan-gangguan itu bisa memengaruhi perkembangan bahasa dan kemampuan seorang anak untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta berperilaku.

Selain autisme, seperti dilansir laman NHS, ASD juga terdiri dari sindrom asperger, sindrom heller, dan gangguan perkembangan pervasif (PPD-NOS).

Kendati demikian, autisme tidak termasuk sebagai penyakit, namun kondisi di mana otak bekerja dengan cara yang berbeda dari orang lain.

Pada dasarnya, anak dengan kondisi autisme tidak bisa disembuhkan. Namun, memang terdapat beberapa pilihan terapi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)