Apa Perbedaan Transgender, Transpuan, dan Transeksual? Ini Jawabannya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 18:19 WIB
loading...
Apa Perbedaan Transgender, Transpuan, dan Transeksual? Ini Jawabannya
Transgender merupakan istilah bagi mereka yang memiliki perubahan gender dari yang telah ditentukan saat masa kelahiran. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Transgender merupakan istilah bagi mereka yang memiliki perubahan gender dari yang telah ditentukan saat masa kelahiran. Sama halnya dengan transpuan dan transeksual, transgender berhubungan dengan gender atau identitas diri baik maskulin maupun feminim.

Meski demikian, pada dasarnya ketiga sifat ini tidaklah sama, karena ketiganya memiliki perbedaan makna. Untuk mengenal lebih jelas perbedaan Transgender, Transpuan, dan Transeksual, tentunya harus dipahami terlebih dahulu pengertiannya.

Transgender adalah istilah umum untuk orang-orang yang identitas gender, ekspresi gender, atau perilakunya tidak sesuai dengan jenis kelamin yang ditetapkan untuk mereka saat lahir.

Baca juga : Bukan Penyakit, Apakah Transgender Bisa Disembuhkan?

Transgender merupakan istilah umum. Selain mencakup orang yang identitas gendernya berlawanan dengan jenis kelaminnya sejak lahir, istilah ini juga digunakan untuk orang-orang yang tidak secara spesifik maskulin maupun feminim.

Selain itu dalam pengertian lain juga mengatakan bahwa transgender adalah suatu keadaan yang tidak terikat dengan orientasi seksual. Orang transgender dapat memiliki orientasi heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan lain-lain.

Sedangkan Transpuan atau perempuan yang bertransgender merupakan seorang wanita yang ditunjuk menjadi seorang laki-laki sedari lahirnya. Namun jika di Indonesia lebih akrab disebut dengan istilah waria.

Sementara Transeksual merupakan sebuah identitas gender yang tidak sesuai atau yang secara tradisional tidak berasosiasi dengan jenis kelamin yang dimilikinya sejak lahir.

Orang transeksual biasanya menginginkan agar mengubah identitas dirinya secara permanen dengan menggunakan bantuan medis. Istilah transeksual juga dinilai sebagai istilah turunan dari transgender yang menggunakan operasi kelamin.

Perbedaan Transgender, Transpuan, dan Transeksual
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)