Dukung Pariwisata Bali, Yayasan Puri Kauhan Ubud Rilis Buku dan Film Pendek tentang Budaya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 21:57 WIB
loading...
A A A
Ari, yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden, mengatakan, seluruh cerita baik di buku dan film berkisah mengenai sumber daya alam (SDA) yaitu air yang di Bali menjadi sumber kehidupan dan peradaban.

Maka dalam hal ini, pendekatan yang dilakukannya bersama warga Bali adalah dari hulu sampai ke hilir jadi menceritakan air dari gunung sampai ke laut sebagai gambaran penghormatan masyarakat dalam menjaga air sebagai sumber kehidupan.

"Karena air sangat penting bagi kehidupan masyarakat Bali baik secara Sekala maupun Niskala," kata Ari.

Secara Sekala sesuai dengan realita kehidupan karena Bali mengalami krisis air namun saat bersamaan juga berlebihan air yang menyebabkan banjir sehingga harus dikelola dengan baik.

Secara Niskala artinya air sangat penting dalam ritual masyarakat Bali sehingga harus terus didorong seperti melalui pemuliaan air yang dilakukan dengan pendekatan kebudayaan dan ekonomi konservasi.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud Lestarikan Budaya Bali lewat Lima Film Pendek

"Pada saat bersamaan itu bisa jadi potensi desa-desa wisata. Dengan desa-desa wisata yang hidup berbasis heritage dan alam akan menambah destinasi wisata di Bali sehingga tidak hanya di laut atau gunung tapi juga di sepanjang sungai," tutupnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)