Apakah Transgender Itu Ganti Kelamin? Begini Penjelasannya

Sabtu, 18 Februari 2023 - 10:40 WIB
loading...
Apakah Transgender Itu Ganti Kelamin? Begini Penjelasannya
Transgender, apakah itu artinya mereka telah berganti kelamin? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan masyarakat perihal arti transgender. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Transgender, apakah itu artinya mereka telah berganti kelamin? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan masyarakat perihal arti transgender.

Ya, ternyata masih banyak orang belum paham arti transgender. Kebanyakan beranggapan bahwa seorang transgender sudah pasti mengganti alat kelaminnya. Padahal tidak demikian.

Transgender adalah orang yang identitas gendernya berganti dari gender saat lahir. Jadi, seorang bayi dilahirkan dengan gender laki-laki atau perempuan dilihat berdasarkan bentuk tubuh, kemudian seiring berjalannya waktu orang tersebut mengganti gendernya.



"Bahkan, beberapa orang transgender mengidentifikasi dirinya sebagai bukan laki-laki maupun perempuan, atau kombinasi dari laki-laki dan perempuan. Ini disebut non-binary atau genderqueer," ungkap laman National Center for Transgender Equality, dikutip Sabtu (18/2/2023).

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas soal apakah transgender itu ganti kelamin, Anda mesti pahami dulu bahwa orientasi seksual dengan identitas gender itu dua hal yang berbeda.

Identitas gender mengacu pada pengetahuan internal tentang jenis kelamin, misalnya Anda adalah pria, wanita, atau jenis kelamin lain. Kalau orientasi seksual itu berkaitan dengan siapa Anda tertarik.

Dari situ, bisa dipahami bahwa transgender bukan melulu soal ganti kelamin. Beberapa transgender masih ada yang mempertahankan genitalnya (pria maupun wanita), tapi secara tampilan dia mengubah tampilan tidak sesuai dengan jenis kelaminnya.



Perubahan yang dilakukan transgender disebut dengan 'transisi gender'. Di fase ini, seorang laki-laki akan secara perlahan mengubah bentuk tubuhnya, semisal melakukan operasi payudara, suntik hormon, menghilangkan jakun, hingga mencukur habis semua bulu di tubuh.

Begitu juga pada transgender perempuan. Kebanyakan dari mereka melakukan pengangkatan payudara, suntik hormon, hingga tindakan lain yang memungkinkan dirinya terlihat seperti pria normal.

"Transisi dianggap sebagai fase yang dapat membantu transgender menjalani hidup dengan lebih memuaskan. Tidak ada keharusan transgender mengubah alat kelaminnya, semua berhak atas tubuh mereka sendiri," ungkap laporan tersebut.

Jadi, jika ada seseorang melabeli diri mereka transgender, itu tidak menjamin dia sudah berganti kelamin. Meski, tak sedikit transgender yang memutuskan untuk berganti kelamin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)