alexametrics

Waspadai 6 Perubahan pada Lidah

loading...
Waspadai 6 Perubahan pada Lidah
Perubahan pada lidah, seperti bercak putih hingga benjolan yang sakit, warna atau tekstur mulut terkadang bisa menandakan sesuatu dan Anda perlu memeriksanya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Memiliki mulut yang bersih dan merawat gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Satu hal yang terkadang dilupakan orang adalah lidah. Pasalnya perubahan umum pada lidah banyak berkaitan dengan kesehatan.

Perubahan pada lidah, seperti bercak putih hingga benjolan yang sakit, warna atau tekstur mulut terkadang bisa menandakan sesuatu dan Anda perlu memeriksanya. Para ahli dari Emergency Dentist Sydney menjelaskan bagaimana lidah dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir Daily Star, para ahli mengungkap tanda-tanda yang harus diwaspadai, apa saja? Berikut ulasannya.

1. Lidah stroberi
Memiliki lidah yang merona dapat menandakan bahwa indra perasa Anda bereaksi buruk terhadap makanan tertentu, stres, atau bahkan kekurangan vitamin. Sering kali lidah stroberi yang cerah disertai dengan sakit tenggorokan yang bisa menjadi tanda infeksi seperti radang tenggorokan atau demam berdarah. Kondisi ini dapat diobati dengan antibiotik.



2. Lidah putih
Bercak putih pada lidah biasanya berkembang dari kebersihan mulut yang buruk, merokok atau penggunaan alkohol kronis. Penting untuk menjaga kebersihan mulut harian dengan memastikan lidah tetap bersih saat menyikat gigi. Namun, jika tidak ada yang berubah setelah beberapa minggu, yang terbaik adalah mengunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan. (Baca juga: Jessica Iskandar juga Didiagnosa Takikardia, Apa Itu?).

3. Gundukan kecil
Memiliki benjolan di lidah sering disebabkan oleh makanan yang baru saja Anda konsumsi, terutama jika panas atau pedas. Biasanya ini akan hilang dengan sendirinya tetapi jika Anda mengalami ketidaknyamanan di mulut, itu bisa menjadi sariawan. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya tetapi dapat diobati untuk mempercepat penyembuhan dan meringankan ketidaknyamanan.



4. Lidah bengkak
Jika Anda menggigit lidah atau minum minuman panas, lidah terkadang bisa bengkak. Bengkak biasanya hilang dengan sendirinya dan para ahli menyarankan mengisap es batu dapat benar-benar mempercepat prosesnya. Untuk bengkak yang serius, bisa sering menunjukkan alergi terhadap sesuatu.

5. Punggungan atau lekukan
Memiliki punggungan atau lekukan pada lidah seringkali bisa menjadi hal yang genetik. "Mereka juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki lidah pecah-pecah, celah panjang di tengah-tengah lidah itu lagi," kata para ahli.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak