Menparekraf Sandiaga Uno soal Thailand Wajibkan Wisman Bayar Masuk ke Negaranya: Masih Kita Pantau

Senin, 20 Februari 2023 - 20:55 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno soal Thailand Wajibkan Wisman Bayar Masuk ke Negaranya: Masih Kita Pantau
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa pemerintah hingga saat ini tidak merencanakan beban biaya bagi turis asing yang masuk ke Indonesia. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa pemerintah hingga saat ini tidak merencanakan beban biaya bagi turis asing yang masuk ke Indonesia.

Hal itu terkait dengan rencana Menteri Pariwisata Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn yang menyatakan bakal mewajibkan wisatawan mancanegara (wisman) untuk membayar biaya masuk ke negaranya sebesar 300 baht (Rp132.744) pada Juni 2023.

"(Biaya masuk) ini masih kita pantau, review (kaji)," katanya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (20/02/2023).

Meski demikian, Sandiaga memastikan hingga hari ini pemerintah tidak akan mempertimbangkan untuk membebankan biaya bagi(wisman) yang akan datang ke Indonesia.



Sandiaga menjelaskan, bahwa saat ini pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), tengah fokus pada pelayanan berkelanjutan dan berkualitas untuk para wisatawan yang memilih Indonesia sebagai tempat liburannya.

Kemudian, lanjut Sandiaga, untuk menarik wisatawan nusantara dan wisman, maka pembangunan di destinasi super prioritas (DSP) tengah dilakukan. Serta diadakannya event-event di kawasan tersebut, sehingga dapat membuat Indonesia dilirik negara lain.

"Salah satu event bertaraf internasional yang akan dilaksanakan di Indonesia dalam waktu dekat ini, yaitu F1 Powerboat. Olahraga air terbesar dunia F1 PowerBoat siap digelar pada 24 hingga 26 Februari 2023 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara," katanya.

Event F1 PowerBoat ditargetkan dapat menarik kunjungan 25 ribu wisatawan mulai dari atlet, official, kru, dan lainnya. Sehingga dapat mendorong capaian target 7,4 juta wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun ini.

"Dan harapannya ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam dua tahun pasca event ini berlangsung. F1 PowerBoat ini diprediksi akan meraih 180 juta impresi digital dan dampak ekonomi sebesar Rp212 miliar terhadap ekonomi Provinsi Sumatera Utara," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)