Ini 4 Tips Maksimalkan Tumbuh Kembang si Kecil di Masa Golden Age

Rabu, 01 Maret 2023 - 22:59 WIB
loading...
Ini 4 Tips Maksimalkan Tumbuh Kembang si Kecil di Masa Golden Age
(Foto: dok Makuku)
A A A
JAKARTA - Moms, pasti sudah tidak asing lagi tentang masa golden age pada anak, bukan? Ya, golden age yang dimulai dari usia 2 sampai 5 tahun ini merupakan masa perkembangan yang bagus dalam meningkatkan tumbuh kembang bagi si kecil melalui apa yang dipelajarinya di masa toddler.

Adapun tumbuh kembang si kecil ini mencakup kebutuhan fisik, perilaku motorik, intelektual, sampai emosional. Di masa ini pula, biasanya anak mulai senang mengikuti kebiasaan orang tuanya.

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan oleh Moms untuk membantu tumbuh kembang si kecil di masa golden age?

1. Cukupkan gizi anak dengan makanan sehat
Moms dapat memberikan si kecil makanan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang. Cara ini dapat membuat anak lebih mengenal makanan yang mereka suka dan rasakan. Oleh karena itu, disarankan agar Moms memberikan si kecil makanan yang bervariasi. Hal ini dikarenakan, pada masa golden age si kecil senang mencoba beberapa varian menu makanan sehat dan enak.

Selain memikirkan cita rasanya, jangan lupa perhitungkan juga kelengkapan makanan 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari nasi dan lauk pauk yang cukup serta dikombinasikan dengan susu.

2. Berikan mainan yang bisa membuat motorik anak semakin lebih aktif
Mainan tidak akan membuat si kecil menjadi malas, asalkan diberikan sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Bisa juga dengan memberikan mainan edukasi yang bisa melatih motorik anak semakin lebih aktif, jenis mainan ini pun sudah banyak tersedia.

Beberapa rekomendasi jenis mainan untuk merangsang kemampuan motorik halus agar berkembang dengan baik adalah kertas lipat, puzzle, mewarnai, balok bongkar pasang, hingga busy book.

3. Mengontrol emosi anak yang sedang tantrum
Saat anak sedang mengalami tantrum, sebagai orang tua sebaiknya bantu kendali emosi si kecil dari beberapa hal. Oleh karena itu, Moms perlu kesabaran tinggi saat menghadapinya, sebab anak masih memiliki emosi yang belum stabil.

Untuk bantu mengendalikan emosi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya memberikan waktu untuk si kecil meluapkan emosinya, biarkan hingga emosinya mereda sehingga tidak menyebabkan tensi anak meningkat. Saat anak telah sedikit tenang, barulah Moms mulai menasehatinya dengan lembut.

4. Memilih yang sesuai dengan kebutuhan bayi dalam perkembanganya
Nyatanya, kebutuhan si kecil sangat beragam untuk dapat dipenuhi dengan baik, salah satunya popok bayi yang patut mendapat perhatian. Lantaran, popok bayi ini juga bisa dianggap kebutuhan pokok sebagai pakaian bayi yang digunakan setiap hari. Maka dari itu, pilihlah popok yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi risiko bayi terkena ruam popok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)