Ruam Popok: Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya

Senin, 06 Mei 2024 - 12:08 WIB
loading...
Ruam Popok: Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Mengobatinya
(Ilustrasi: dok Freepik)
A A A
JAKARTA - Hari-hari pertama kehadiran si kecil dalam keluarga merupakan momen yang penuh kebahagiaan bagi orang tua, terutama bagi moms dan dads yang baru saja memasuki dunia orang tua. Namun, di tengah kebahagiaan tersebut, seringkali juga muncul tantangan baru yang perlu dihadapi, salah satunya adalah ruam popok pada si kecil.

Ruam popok bisa menjadi masalah yang umum terjadi pada bayi, tetapi moms dan dads tidak perlu khawatir karena ada solusi terbaik untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan popok newborn yang lembut untuk kulit bayi dan memiliki daya serap baik.

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, termasuk kenyamanan saat mengenakan popok. Namun, terkadang ruam popok bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi Si Kecil dan juga kedua orang tuanya.

Ruam popok, juga dikenal sebagai dermatitis popok, adalah kondisi umum pada bayi yang disebabkan oleh gesekan, kelembaban, dan iritasi kulit akibat penggunaan popok yang terlalu lama. Artikel ini akan membahas ciri-ciri ruam popok dan cara mengobatinya agar si kecil tetap nyaman dan sehat.

Penyebab Ruam Popok

Sebelum kita membahas ciri-ciri ruam popok, penting untuk memahami penyebabnya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan ruam popok antara lain:

1. Gesekan dan Kelembaban
Saat popok terus bergesekan dengan kulit bayi dan terpapar oleh urine dan tinja, ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

2. Infeksi
Jamur atau bakteri bisa berkembang di area yang lembab dan hangat seperti dalam popok.

3. Reaksi terhadap Bahan Kimia
Beberapa bayi mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia dalam popok, seperti pewangi atau bahan pengikat.

4. Perubahan Makanan
Pergantian diet si kecil, baik itu ASI atau formula, dapat mengubah konsistensi tinja yang juga bisa mempengaruhi kulit.

Ciri-ciri Ruam Popok

1. Kemerahan dan Peradangan
Ruam popok biasanya ditandai dengan kemerahan pada area yang terkena, seperti bokong, paha, dan selangkangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)