Cara Cek BPOM Asli atau Palsu dengan Scan Barcode

Kamis, 02 Maret 2023 - 19:19 WIB
loading...
Cara Cek BPOM Asli atau Palsu dengan Scan Barcode
Cara cek BPOM dengan scan barcode harus Anda ketahui jika ingin meneliti apakah izin suatu produk asli atau palsu. Foto Ilustrasi/Anyline
A A A
JAKARTA - Cara cek BPOM dengan scan barcode harus Anda ketahui jika ingin meneliti apakah izin suatu produk asli atau palsu.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memiliki tanggung jawab mengawasi seluruh distribusi obat-obatan dan makanan di seluruh Indonesia. BPOM memiliki kewajiban serta wewenang yang sama dengan European Medicines Agency (EMA) ataupun Food and Drug Administration (FDA).

Sebuah produk dikatakan aman dan layak untuk dikonsumsi jika sudah memiliki lisensi BPOM. Pengguna dapat memanfaatkan barcode pada kemasan produk untuk mengecek lisensi tersebut. Pemindaian barcode sering digunakan untuk memverifikasi orisinalitas produk. Produk yang asli memiliki barcode yang dapat dipindai oleh pengguna. Produk tersebut bisa jadi produk palsu jika barcode tidak dapat dibaca.



Berikut ini cara menggunakan barcode untuk mengecek keaslian izin BPOM.

1. Download Aplikasi BPOM

Pengguna harus mengunduh aplikasi yang disediakan oleh BPOM terlebih dulu. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk memeriksa semua barang, tidak hanya kosmetik. Pengguna dapat memperolehnya melalui playstore atau internet.

2. Buka Aplikasi BPOM dan Jalankan

Pengguna dapat langsung menjalankan aplikasi BPOM setelah mengunduhnya. Pengguna harus mendaftar terlebih dulu. Tujuannya adalah agar aplikasi ini dapat digunakan dengan lebih leluasa dan nyaman.

3. Buka Menu Scan Produk

Untuk mulai memverifikasi nomor BPOM suatu produk, buka opsi scan produk. Menu scan produk muncul di halaman utama, bersama dengan tiga menu tambahan. Menu ini berada di posisi pertama, sehingga pengguna akan langsung dapat menemukannya.

4. Scan Barcode Produk dengan Kamera Ponsel

Apabila pengguna memilih opsi Scan Product, kamera akan langsung terbuka. Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode, yang sering ditemukan pada kemasan produk. Pastikan kamera mengarah ke arah yang benar agar aplikasi dapat memindai barcode secara akurat.

5. Lihatlah Hasilnya

Setelah itu, pengguna tinggal menunggu hasil pemeriksaan. Pemeriksaan ini biasanya membutuhkan waktu untuk muncul. Jadi pengguna harus bersabar. Jika asli, hasilnya akan menyertakan nomor sertifikasi serta deskripsi bahwa produk tersebut asli dan aman. Jika itu adalah pemalsuan, hasilnya akan kosong atau tidak menyertakan informasi apa pun.

Demikian cara-cara menggunakan barcode untuk mengecek keaslian izin BPOM. Semoga bermanfaat. MG/Rizky Akbar F
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)