Tips Membuat Dim Sum Ayam dengan Tekstur Kenyal dan Lembut

Jum'at, 17 Juli 2020 - 12:07 WIB
loading...
Tips Membuat Dim Sum Ayam dengan Tekstur Kenyal dan Lembut
Umumnya dim sum disantap bersama saus sambal atau kecap asin,. Selain bentuk yang beragam, dim sum juga memiliki banyak variasi dan Anda bisa membuat Dim Sum Ayam. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dim sum dikenal sebagai makanan kecil khas China. Terdiri dari bentuk yang beragam, biasanya dim sum di negara asalnya disantap bersama teh. Karena itu, tak heran jika restoran dim sum selalu menawarkan teh hangat, mulai dari teh oolong hingga jasmin.

Agar semakin nikmat, dim sum disajikan dalam keadaan hangat dan baru dibuat. Sebagai pelengkap, biasanya dim sum disantap bersama saus sambal atau kecap asin, cuka dan jahe serta minyak cabe. Selain bentuk yang beragam, dim sum juga memiliki banyak variasi, seperti dim sum kukus dan goreng.

Ada juga dim sum ayam seperti resep yang dibuat oleh Chef Devina Hermawan. Dim sum ini menawarkan tekstur yang kenyal dan lembut serta rasa yang gurih cocok dipadukan dengan saus cocol ataupun minyak cabe.

Tak perlu jauh-jauh terbang ke China untuk mencicipi lezatnya dim sum, berikut resep membuat dim sum ayam seperti dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan. (Baca juga: Gigi Hadid Beri Alasan Baru Umumkan Kehamilannya di Usia Kandungan 8 Bulan ).

Bahan-bahan:
Bahan adonan siomay:
200 gr paha ayam fillet
50 gr kulit ayam
50 gr udang kupas (bisa diganti ayam)
2 siung bawang putih
1 butir putih telur
9 sdm tepung sagu
½ sdm garam
1 sdm gula
½ sdt merica
ÂĽ sdt kaldu jamur
3 sdm es batu
2 sdt saus tiram
2 sdt minyak wijen
2 sdt kecap asin
50 gr wortel parut
15-20 kulit pangsit

Bahan saus:
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
3 cabai rawit
1 cabai merah ukuran sedang
6 sdm saus sambal
1 sdm cuka
150 ml air
2 sdm minyak goreng
2 sdt gula
½ sdt kaldu jamur

Cara membuat:
Masukkan ½ ayam, bawang putih, tepung sagu, putih telur, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, merica, garam, gula, kaldu jamur, dan es batu ke dalam food processor cincang hingga halus. Masukkan ½ ayam dan udang, cincang sebentar. (Baca juga: Diabetes Seperti Komedian Omas Tak Dapat Sembuh, tapi Bisa Dikontrol ).

Pindahkan ke wadah, masukkan ½ parutan wortel, aduk rata. Ambil kulit dim sum, beri 1 sdm adonan lalu bungkus dan beri parutan wortel di atasnya. Kukus siomay 15-20 menit. Untuk saus cocolan, cincang bawang putih, cabai rawit, dan bawang merah. Tumis hingga wangi lalu tambahkan air.

Masukkan saus sambal, cuka, gula, dan kaldu jamur. Masak hingga mendidih. Dim sum siap disajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)