Diabetes, Ibu dari Penyakit yang Bisa Sebabkan Beragam Komplikasi

Jum'at, 17 Juli 2020 - 16:07 WIB
loading...
Diabetes, Ibu dari Penyakit yang Bisa Sebabkan Beragam Komplikasi
Diabetes dapat menyebabkan komplikasi. Hal ini disebabkan karena gula darah tinggi merusak organ dan jaringan di seluruh tubuh sehingga bisa menyebabkan komplikasi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Diabetes dapat menyebabkan komplikasi. Hal ini disebabkan karena gula darah tinggi merusak organ dan jaringan di seluruh tubuh. Semakin tinggi gula darah dan semakin lama Anda hidup dengan itu, semakin besar risiko untuk komplikasi.

"Jahatnya itu, diabetes silent complication. Dia nggak akan keliatan, dia nggak akan rasakan kadang-kadang, dia nggak mengeluh sesuatu tapi badannya digerogoti," kata Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI RSCM, dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD.D, KEMD baru-baru ini.

"Kalau digerogotinya jantung, ya kenanya jantung. Kalo digerogoti ginjal, ya kenannya ginjal, kalo gerogoti sarafnya jadi stroke. Kematian dan komplikasi diabetes menjadi permasalahan yang penting yang menjadi pandemi," sambungnya.

Ini membuat diabetes disebut sebagai mother of diseases atau ibu dari penyakit. Bahkan, berdasarkan survei kesehatan terbaru, terdapat 10,3 juta orang di Indonesia mengalami diabetes. Menurut dr. Dante, jumlah ini menjadi masalah yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, penting untuk mengobati diabetes.

"Makanya diabetes itu kita sebut sebagai mother of diseases karena ibunya penyakit. Karena kebanyakan orang kena jantung sebabnya diabetes, kebanyakan orang yang cuci darah sebabnya diabetes, orang yang diamputasi sebabnya diabetes," jelasnya.

"10,3 juta itu persoalan lebih besar dari persoalan kesehatan sekarang yang ada. Jadi mengobati diabetes memang penting dan ingat jangan khilaf, jangan lengah tidak adanya keluhan yang timbul pada pasien diabetes," tandasnya. (Baca juga: Diabetes Seperti Komedian Omas Tak Dapat Sembuh, tapi Bisa Dikontrol ).

Sementara itu, diabetes mellitus, umumnya dikenal sebagai diabetes, adalah penyakit metabolisme yang menyebabkan gula darah tinggi. Hormon insulin memindahkan gula dari darah ke sel untuk disimpan atau digunakan menjadi energi. Diabetes membuat tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya secara efektif.

Gula darah tinggi yang tidak diobati dari diabetes dapat merusak saraf, mata, ginjal, dan organ lainnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)