5 Negara Asia Pasifik yang Paling Ramai Dikunjungi, Nomor 3 Tak Disangka

Jum'at, 10 Maret 2023 - 18:26 WIB
loading...
5 Negara Asia Pasifik yang Paling Ramai Dikunjungi, Nomor 3 Tak Disangka
China adalah salah satu negara di Asia Pasifik yang paling banyak dikunjungi. Foto/Ilustrasi Kota Beijing/sites.psu.edu
A A A
JAKARTA - Negara Asia Pasifik yang paling ramai dikunjungi cukup menarik untuk diulas. Apalagi, berdasarkan data terbaru perusahaan analitik dan konsultasi GlobalData, ada dua negara Asia Tenggara yang tingkat kunjungannya luar biasa.

Dari data tersebut China adalah negara di Asia Pasifik yang paling banyak dikunjungi. Lantas negara mana sajakah yang juga ramai dikunjungi. Berikut rangkuman 5 negara Asia Pasifik yang paling ramai dikunjungi sepanjang 2022.

1. China

China menerima 43,4 juta kedatangan internasional pada tahun 2022. Hal ini menempatkan China sebagai negara di Asia Pasifik yang paling banyak dikunjungi. China dikenal sebagai negara yang memiliki budaya dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain Great Wall of China atau Tembok Besar China yang menjadi tempat wajib para turis, ada tempat lainnya yang tidak saja unik tetapi juga memiliki sejarah berusia ribuan tahun. Tempat itu adalah The Terracotta Army yang berlokasi di Xi’an.



The Terracotta Army merupakan tempat bagi 8.000 patung prajurit dengan ukuran sebesar manusia, disertai 500 patung kuda dan 100 kereta yang dibangun untuk menjaga kaisar. Kumpulan patung tentara ini tidak sengaja ditemukan oleh beberapa petani pada tahun 1970. Patung-patung terakota tersebut dibangun pertama kali tahun 280 SM.

2. Hong Kong

GlobalData menyebutkan pada tahun 2022 terdapat 16,2 juta pengunjung yang datang ke Hong Kong. CEIC DATA juga memaparkan bahwa Hongkong memiliki jumlah wisatawan sebanyak 343.172 pada bulan Januari 2023.

Negara yang dijuluki “Pearl of The Orient” ini memiliki beberapa tempat wisata yang unik dengan budaya yang kental dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu tempat wisata di Hong Kong adalah Big Buddha atau Buddha Tian Tan yang terletak di Pulau Lantau. Hal pertama yang akan dilihat saat mengunjungi tempat wisata ini adalah patung Buddha setinggi 34 meter dan berat 202 ton.

Untuk menikmatinya dari ketinggian, pengunjung dapat menaiki kereta gantung yang melintasi Pulau Lantau dengan pemandangan yang indah menuju Big Buddha.

3. Thailand

Thailand, negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih, merupakan negara yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak di Asia Pasifik, setelah China. Berdasarkan data dari GlobalData, Thailand mendapatkan 26,6 juta kedatangan internasional pada 2022. Sementara, pada Januari 2023 berdasarkan CEIC DATA, Thailand menerima jumlah pengunjung wisatawan sebanyak 2.144.948.

Salah satu tempat wisata Thailand yang memiliki keunikan dan budaya yang kuat ialah Kota Lopburi. Kota ini dikenal dengan kota kuno yang penduduknya tidak hanya diisi oleh manusia, tetapi juga monyet. Monyet-monyet yang berada di kota ini dianggap sebagai keturunan Hanuman.

Karena itu, setiap tahunnya terdapat prasmanan besar yang diadakan di kuil lokal Phra Prang Sam Yod yang menyajikan makanan berupa buah-buahan khusus untuk setidaknya 4.000 ekor monyet yang berada di Kota Lopburi. Selain itu, ada pertunjukan kostum monyet juga musik, makanan dan tarian yang memeriahkan festival tersebut.

4. Malaysia

Malaysia menjadi negara wisata yang dapat dikunjungi turis asal Indonesia dengan perjalanan yang tidak memakan waktu banyak. Berdasarkan GlobalData, pada tahun 2022, Malaysia memiliki 17,7 juta pengunjung.

Salah satu tempat wisata hidden gem yang menarik di Malaysia adalah Qing Xin Lin Leisure & Cultural Village yang terlihat seperti Guilin di China, yang populer dengan lanskap perbukitan karst.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang indah dari bukit-bukit yang tinggi seperti di tengah hutan, dengan pohon-pohon rindangnya. Terdapat juga becak yang dapat digunakan oleh para turis untuk menikmati objek wisata tersebut, mengunjungi gubuk antik dengan furnitur yang jadul, dan tentunya bisa mengabadikan momen di sana bersama dengan keluarga.

5. Jepang

Jepang tidak pernah luput dari pembicaraan banyak orang dan selalu menjadi destinasi wisata favorit. berdasarkan GlobalData, jumlah kedatangan internasional ke Jepang sebanyak 21,5 juta pada tahun 2022. Untuk tahun, ini menurut CEIC Data, jumlah pengunjung yang datang ke Jepang per Januari 2023 sebanyak 1.497.300.

Banyak hal di Jepang yang menarik minat turis untuk berwisata ke Jepang. Selain pakaian tradisionalnya, yaitu kimono, yang patut dicoba, pengunjung tak boleh melewatkan berendam di onsen atau pemandian air panas. Tentu saja, Gunung Fuji dan objek wisata di sekitarnya menjadi destinasi wajib yang harus disinggahi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3535 seconds (0.1#10.140)