Tak Kunjung Dapat Momongan? Coba Ikuti 4 Tips Cepat Hamil Berikut Ini

Jum'at, 10 Maret 2023 - 20:19 WIB
loading...
Tak Kunjung Dapat Momongan? Coba Ikuti 4 Tips Cepat Hamil Berikut Ini
Pasangan suami istri umumnya mengharapkan kehadiran buah hati untuk melengkapi kehidupan rumah tangga mereka. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Pasangan suami istri umumnya mengharapkan kehadiran buah hati untuk melengkapi kehidupan rumah tangga mereka. Namun, tidak semuanya bisa mendapatkan momongan dengan cepat.

Meski sudah melakukan segala macam upaya, termasuk program hamil , namun terkadang belum membuahkan hasil.

Apabila Anda ingin cepat hamil, terdapat 4 cara yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Seperti mengutip laman WebMD, berikut 4 tips agar Anda bisa cepat dapat momongan.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur menurut Dokter Boyke, Penting Dipahami agar Cepat Hamil

1. Pemeriksaan Prakonsepsi


Pertama, Anda bisa melakukan pemeriksaan prakonsepsi atau skrining kesehatan terhadap wanita yang akan melakukan program hamil. Tanyakan kepada dokter Anda tentang vitamin prenatal yang memiliki asam folat, yang membantu melindungi dari beberapa cacat lahir, seperti spina bifida.

Asam folat bekerja selama tahap awal kehamilan, jadi itulah mengapa penting untuk memastikan Anda mendapatkan cukup asam folat bahkan sebelum Anda hamil.

Profesor Kebidanan dan Ginekologi di Stanford University, Amerika Serikat, Paula Hillard, MD, menyebutkan bahwa wanita yang sedang menjalankan program hamil dianjurkan melakukan skrining kesehatan lebih dulu.

"Jika Anda memiliki masalah medis yang mendasarinya, mereka perlu dikendalikan sebelum Anda dapat hamil dengan aman," ujarnya.

2. Cek Siklus Menstruasi


Berapa banyak yang Anda ketahui tentang siklus menstruasi Anda? Apabila benar-benar memahaminya, ini dapat membantu Anda mengetahui kapan waktu paling subur. Masa ovulasi adalah waktu terbaik untuk hamil.

"Inilah waktunya untuk fokus berhubungan seks," ungkap Hillard.

Kemudian, ini juga membantu untuk menyadari tanda-tanda ovulasi, seperti perubahan lendir serviks Anda. Biasanya menjadi tipis dan licin, ketika masa paling subur. Beberapa wanita mungkin juga merasakan rasa sakit di satu sisi.

3. Hidup Sehat


Pola hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan, dan kesuburan rahim seorang wanita. Rajin olahraga misalnya. Akan tetapi dalam penelitian menunjukkan, terlalu sering olahraga berisiko menghambat kesuburan saat masa ovulasi.

"Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan Anda tidak berovulasi," kata dia.

Lebih lanjut, cara terbaik untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil sambil mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga teratur adalah dengan melakukan olahraga ringan --cobalah jalan cepat- 2,5 jam setiap minggu (atau setidaknya 30 menit, 5 hari seminggu).

4. Posisi Berhubungan Intim tidak Berpengaruh


Joanne Piscitelli, MD, seorang profesor ginekologi di Duke University Medical Center di Durham, NC, menjelaskan, tidaklah benar soal mitos bahwa posisi berhubungan intim memengaruhi kesuburan wanita untuk berpeluang hamil.

Umumnya wanita 28 hari cenderung berovulasi pada hari ke-14. Akan tetapi tidak semua siklusnya sama, sehingga ini yang berpengaruh terhadap kesuburan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil, Alami dan Ampuh

"Beberapa orang mungkin merasa lebih baik menunggu sampai mereka mendapatkan satu periode sendiri," ujarnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)