4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Harus Rutin Dilakukan

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:10 WIB
loading...
4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Harus Rutin Dilakukan
Cara mencegah kolesterol tinggi sangatlah mudah, diantaranya rutin melakukan kontrol dan medical check up. Foto/Ilustrasi/Westmed Family Healthcare
A A A
JAKARTA - Cara mencegah kolesterol tinggi ternyata tidaklah terlalu sulit. Asal dilakukan penuh kesadaran dan konsisten dalam menjalankannya gangguan kesehatan tersebut dapat dicegah sedini mungkin.

Kolesterol tinggi adalah kondisi saat kadar kolesterol total dalam darah melebihi ambang batas normal yaitu kurang dari 200 mg/dL. Jadi, kalau kolesterol total ada di angka 200-239 atau lebih, itu dikategorikan kolesterol tinggi.

Agar kolesterol tidak tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dijelaskan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mayapada Hospital Kuningan dr Olivia Handayani, Sp.JP, ada 4 cara untuk mencegah kolesterol tinggi. Apa saja?

1. Pastikan konsep 4J dijalani dengan benar

Menurut dr Olivia, agar seseorang tidak mengalami kolesterol tinggi, harus memastikan konsep 4J dijalani dengan benar dan disiplin. 4J itu adalah jam, jenis, jumlah, dan jurus makan.



Untuk jam, dr Olivia menegaskan bahwa jangan pernah melewati sarapan. Karena ini akan memengaruhi metabolisme alami tubuh.

"Saya selalu sarankan agar sarapan di jam 6-7 lagi. Lalu makan siang 12-1 siang, dan makan malam 6-7 malam," katanya saat diwawancarai di Okezone Live, belum lama ini.

Tak bisa dipungkiri kalau ada momen seseorang itu mau ngemil, ngisi perut jelang makan besar. Nah, ngemil itu boleh tapi perlu diperhatikan menu yang dipilih.

"Saya gak rekomendasikan ngemil itu diisi sama gorengan. Ngemil sehat itu ngemil buah potong," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)