10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Bisa Obati Demam hingga Cegah Penyakit Jantung

Rabu, 15 Maret 2023 - 20:13 WIB
loading...
10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Bisa Obati Demam hingga Cegah Penyakit Jantung
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Daun dengan nama ilmiah ocimum basilicum ini bisa mengobati demam hingga mencegah penyakit jantung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Daun dengan nama ilmiah ocimum basilicum ini dipercaya bisa mengobati demam hingga mencegah penyakit jantung.

Daun kemangi mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan. Seperti halnya lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Banyak manfaat kesehatan kemangi berasal dari antioksidan ini, serta minyak atsirinya.

Senyawa ini sebagian besar hilang selama proses pengeringan. Jadi pilihlah kemangi segar jika memungkinkan untuk mendapatkan manfaat maksimal. Berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan dilansir dari The Health Site, Rabu (15/3/2023).


1. Obat Batuk dan Pilek


Kemangi obat yang sangat manjur dan umum untuk batuk dan pilek karena sifat antimikroba, antiradang, ekspektoran, pereda batuk, dan antialergi.

2. Perkuat Kekebalan Tubuh


Kemangi bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit serta kemunculan kembali penyakit. Saat kemangi diminum dengan madu, tanaman ini akan memperkuat kekebalan dan membantu melawan infeksi.

3. Mengurangi Stres


Teh kemangi mengurangi stres dan memberi tubuh perasaan tenang dan rileks. Ini juga dapat digunakan pada penyakit yang lebih kompleks seperti gangguan saraf, kecemasan dan gangguan memori.

4. Baik untuk Pencernaan


Mengonsumsi kemangi secara teratur bisa memperbaiki sistem pencernaan yang lemah dan dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Mengobati Malaria


Kemangi banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati malaria dan mengendalikan gejalanya. Eugenol adalah bahan aktif yang menunjukkan khasiat terapeutik dalam menghilangkan infeksi bakteri dan mengelola malaria. Ini juga memiliki sifat penolak nyamuk.


6. Baik untuk Penderita Diabetes


Kamangi bisa mengatur kadar glukosa darah dengan meningkatkan sekresi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah kerusakan pankreas. Dengan demikian, kemangi bisa membantu mengurangi dan mengontrol glukosa darah tinggi dan mengelola kondisi diabetes.

7. Efek Positif pada Pasien Kanker


Penelitian menunjukkan bahwa kemangi dapat memengaruhi kanker secara positif. Ini karena kandungan glutathione yang dianggap sebagai antioksidan utama, dan meningkatkan fungsi antioksidan lainnya.

8. Mengobati Asma


Kemangi adalah penyeimbang energi tubuh yang hebat. Sifat iini membantu menghilangkan sumbatan karena berhasil mengeluarkan lendir yang terkumpul keluar dari tubuh dan meredakan asma.

9. Mengobati Demam


Demam adalah kondisi peningkatan suhu tubuh, yang terutama disebabkan oleh ketidakseimbangan energi tubuh. Kemangi dapat menurunkan demam karena merupakan penyeimbang yang baik dan meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Mencegah Penyakit Jantung


Eugenol dalam kemangi dapat memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam ramuan dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Kemangi juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membiarkan otot dan pembuluh darah menjadi rileks.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)