Ini Sejumlah Gejala dan Tanda Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Kamis, 16 Maret 2023 - 22:51 WIB
loading...
Ini Sejumlah Gejala dan Tanda Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan
Penyakit kardiovaskular masih menjadi momok di dunia, pasalnya penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor satu secara global. / Foto: ilustrasi/Heart and Stroke
A A A
JAKARTA - Penyakit kardiovaskular masih menjadi momok di dunia. Pasalnya, penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Dalam catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat lebih dari 17 juta orang meninggal dunia akibat penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Menurut Konsultan Ekokardiologis Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Hospital, dr Sri Diniharini, gangguan jantung serta pembuluh darah bisa disebabkan berbagai hal. Jadi dibutuhkan penanganan yang berbeda.



"Dibutuhkan pemeriksaan diagnostik untuk menegakkan diagnosis dengan lebih akurat bagi pasien, sehingga terapi serta penanganan yang tepat bisa segera dilakukan untuk menyelamatkan jiwa pasien. Baik terapi pengobatan, intervensi hingga bedah jantung dan pembuluh darah," jelas dr. Sri Diniharini melalui keterangannya di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Terdapat sejumlah tanda dan gejala dari penyakit jantung, salah satunya adalah mudah lelah. Jika Anda merasa mudah lelah, maka tetap berhati-hati.

"Sering nyeri dada juga patut diwaspadai. Apakah nyeri dada karena gangguan fungsi jantung atau tidak. Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak semua nyeri dada diakibatkan penyakit jantung. Sehingga perlu diagnosa dini yang tepat," terangnya.

Gejala lainnya dari penyakit jantung antara lain jantung sering berdebar-debar, rasa pusing, napas menjadi pendek saat beraktivitas, tangan dingin atau sering berkeringat dingin seluruh tubuh hingga ke tangan, serta tangan membiru dan pucat.

"Tanda lainnya yaitu ada pembengkakan mungkin di lengan, sekitar mata atau di kaki, itu juga tanda ada penyakit jantung. Batuk kering, terutama pada malam hari, juga bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit jantung," ujarnya.

Di samping itu, gejala penyakit jantung juga bisa dikenali dengan gejala sering pegal di tengkuk, rasa tertekan di dada, serta rasa tercekik di leher.

Menurut dr. Dini, rasa nyeri di dada tersebut bisa menjalar ke bagian lengan kiri, leher hingga ke punggung. Keluhan tersebut biasanya berlangsung selama 15-20 menit dan intens.



Dokter Dini juga menyebutkan jika tanda serangan jantung yang mungkin dianggap biasa oleh banyak orang, yakni muncul keringat dingin, hingga rasa sakit yang intens meski sudah beristirahat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2604 seconds (0.1#10.140)