Cinta Laura Soroti Sikap Masyarakat soal Pelecehan Seksual: Menyalahkan Korban Itu Salah

Jum'at, 17 Maret 2023 - 10:05 WIB
loading...
Cinta Laura Soroti Sikap Masyarakat soal Pelecehan Seksual: Menyalahkan Korban Itu Salah
Cinta Laura merupakan salah satu artis yang peduli terhadap isu pelecehan seksual. Dia pun mengajak masyarakat untuk melawan tindakan pelecehan seksual. Foto/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Cinta Laura merupakan salah satu artis yang peduli terhadap isu pelecehan seksual . Dia pun dengan lantang mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan tindakan pelecehan seksual.

Terbaru, Cinta menyoroti sikap masyarakat soal pelecehan seksual di ruang publik. Di mana menurutnya, masih banyak pihak yang menyalahkan korban baik karena cara berpakaiannya atau berjalan di malam hari.

"Menyalahkan korban itu salah. Banyak statistik yang valid menunjukkan kekerasan dan pelecehan faktornya bukan terjadi karena pakaian seseorang. Tidak terjadi di malam hari," kata Cinta di Stadiun BNI City pada Kamis, 16 Maret 2023.

Di sisi lain, artis 28 tahun itu mengaku heran dengan sikap masyarakat yang kerap menertawakan korban pelecehan seksual. Menurut Cinta, lingkuhan sekitar seharusnya memberikan dukungan dan perlindungan kepada para korban.





"Bukannya disupport oleh orang di sekitarnya, tapi dibilang lebay. Dibilang nggak terjadi, malah ada yang menertawakan," jelas Cinta.

Terkait maraknya pelecehan seksual, Cinta pun menyebut pentingnya mengontrol perilaku diri sendiri. Ini karena siapa saja bisa menjadi pelaku pelecehan seksual karena tidak bisa mengontrol perilaku.

"Masalahnya di kita semua. Hal yang bisa kita kontrol adalah bagaimana kita berperilaku," ujar Cinta.

Hal tersebut dibuktikan dengan data IPOS 2021 yang menunjukkan bahwa delapan dari 10 perempuan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik. 91 persen orang pernah menyaksikan pelecehan seksual di ruang publik dan tidak tahu harus berbuat apa.



Sedangkan 71 persen mengatakan, situasi akan membaik jika seseorang membantu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)