Perhatikan! Ini Jarak Waktu Ideal antara Bangun Tidur dan Sarapan

Sabtu, 18 Juli 2020 - 07:03 WIB
loading...
Perhatikan! Ini Jarak Waktu Ideal antara Bangun Tidur dan Sarapan
Sarapan yang sehat membantu kita memulai pagi dengan meningkatkan metabolisme dan memberi energi di pagi hari. Tapi, untuk mendapatkannya ada waktu yang tepat, kapan?
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian besar orang, sarapan menjadi penting untuk memulai hari. Sarapan yang sehat membantu kita memulai pagi dengan meningkatkan metabolisme dan memberi energi untuk menjalani hari.

Berbicara tentang sarapan yang ideal, kita semua tahu, itu adalah campuran karbohidrat, protein, dan lemak. Tapi bagaimana dengan waktu sarapan, apakah ada waktu yang tepat untuk sarapan?

Banyak dari kita yang kelaparan karena sarapan terlambat setelah bangun tidur? Seperti dilansir Times of India, ada waktu ideal antara bangun pagi dan sarapan.

1. Seberapa cepat Anda harus sarapan setelah bangun tidur?
Waktu terbaik untuk sarapan adalah dua jam setelah bangun. Sarapan setelah bangun tidur baik untuk metabolisme.

Jika Anda seorang gym-goer dan lebih suka berolahraga di pagi hari, makanlah sesuatu yang ringan, seperti pisang atau roti bakar alpukat, setidaknya setengah jam sebelum berolahraga.

Namun, jika Anda merasa olahraga Anda terkena dampak dan Anda mampu melakukan perut kosong yang lebih baik, Anda bisa sarapan setelah sesi berolahraga.

2. Makan di waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan
Menurut penelitian Universitas Harvard, jika Anda tidak makan pada waktu yang tepat, akan sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

Bahkan, jika Anda mengikuti puasa intermiten, jarak antara makan malam dan sarapan Anda tidak boleh lebih dari 12-14 jam. Melebihi waktu lebih dari ini tidak baik untuk perjalanan penurunan berat badan Anda. (Baca juga: Hindari Serangan Jantung, Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Bersepeda ).

Karena itu, kita tahu bagaimana banyak orang mendapat manfaat dari puasa intermiten, tetapi Anda harus melihat bagaimana tubuh Anda meresponsnya. Jadi konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda berencana untuk mengikutinya.

Penelitian ini mendukung fakta bahwa berpuasa selama 12 jam antara makan malam dan sarapan sangat baik untuk pencernaan makanan yang lengkap. Memiliki celah waktu ini juga meningkatkan kualitas tidur dan membantu menjaga ritme kardinal.

3. Manfaat sarapan tepat waktu
Sarapan pada waktu yang tepat membantu menjaga berat badan normal, mengatur kadar gula darah Anda, membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dan membantu Anda tampil lebih baik di siang hari.

4. Inilah waktu yang tepat untuk makan semua makanan Anda
Sarapan: 6 pagi hingga 10 pagi
Camilan tengah pagi: 2-4 jam setelah sarapan
Makan siang: Sebelum jam 3 sore
Camilan sore: 2 - 4 jam setelah makan siang
Makan Malam: Makan malam antara jam 5 sore - 8 malam
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)