Moana Anak Ria Ricis Jalani Prosesi Tedak Siten, Sesi Pilih Barang Lambang Profesi yang Paling Ditunggu

Minggu, 19 Maret 2023 - 20:24 WIB
loading...
Moana Anak Ria Ricis Jalani Prosesi Tedak Siten, Sesi Pilih Barang Lambang Profesi yang Paling Ditunggu
Ria Ricis dan Teuku Ryan menggelar prosesi Tedak Siten untuk putri mereka, Cut Raifa Aramoana alias Moana. Foto/Instagram Ria Ricis
A A A
TANGERANG SELATAN - Ria Ricis dan Teuku Ryan menggelar prosesi Tedak Siten untuk putri mereka, Cut Raifa Aramoana alias Moana. Prosesi ini digelar saat usia Moana menginjak tujuh bulan.

Moana memulai prosesi tersebut dengan menginjakkan kedua kakinya di atas tanah. Makna dari prosesi ini adalah awal menginjakkan kaki di bumi.

Salah satu prosesi yang menarik perhatian adalah ketika Moana masuk ke dalam kurungan ayam yang berisi beberapa barang. Dalam prosesi ini Moana harus memilih beberapa barang. Barang-barang itu dipercaya melambangkan profesi atau cita-cita sang anak di masa depan.



Menurut Ria Ricis, prosesi inilah yang paling ditunggunya karena begitu bermakna. Terlebih Moana sampai harus berlatih beberapa hari lalu.

"Tadi ada beberapa prosesi, cuma memang yang paling inti dan yang paling ditunggu adalah yang paling terakhir tadi, yang masuk kurungan karena itu udah latihan sejak beberapa hari yang lalu," ungkap Ria Ricis saat dijumpai usai prosesi Tedak Siten di kawasan Tangerang Selatan, Minggu (19/3/2023).

Teuku Ryan menambahkan, Moana memilih beberapa barang yang menandakan profesi. Bayi itu memilih lebih dari satu barang yang dimaknai oleh Ricis bahwa putrinya memang menyukai banyak hal baru dan ingin mengeksplorasi berbagai hal.



"Dia pilih Al-Quran, terus pilih alat dokter, obat juga, terus gitar sama masak-masakan. Banyak yang dipilih karena dia menyukai hal-hal baru dan eksplore tuh banyak banget," kata Ryan.

Ricis menimpali, barang terakhir yang dibawa sampai keluar dari kurungan ayam oleh Moana adalah stetoskop yang melambangkan profesi dokter. Meski begitu, Ricis tetap mengembalikan semua pilihan yang terbaik untuk anaknya kepada Sang Pencipta.

"Tapi terakhir paling dibawa keluar kurungan justru stetoskop yang dokter-dokteran. Cuma apa pun yang dipilih pasti yang terbaik, insya Allah," ujar Ria Ricis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2544 seconds (0.1#10.140)