Dirgahayu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai: Mari Nikmati Alam Dengan Cinta

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:43 WIB
loading...
Dirgahayu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai: Mari Nikmati Alam Dengan Cinta
Pemotongan tumpeng saat puncak perayaan HUT ke-43 TNGGP di Cianjur yang dihadiri ratusan karyawan dan mitra beberapa waktu lalu. Foto/Dok MPI/Ricky Susan
A A A
BOGOR - Saat ini pilihan kegiatan traveling sangat beragam, mulai dari hunting kuliner yang unik-unik, wisata healing ke tempat hidden gem, staycation ke hotel, hingga hiking sekaligus berwisata edukasi ke taman nasional.

Dari sejumlah pilihan kegiatan traveling tersebut, mana yang akan kalian pilih? Traveling ke taman nasional yang berada di sekitar wilayah domisili kalian mungkin bisa jadi pilihan tepat. Karena di taman nasional, kalian bisa melakukan banyak kegiatan di alam terbuka yang menyehatkan.

Apa saja? Di taman nasional kalian bisa melakukan hiking di hutan tropis yang rimbun, camping dengan view alam terbuka yang sejuk, hingga bisa juga wisata edukasi tentang flora dan fauna di tempat tersebut.



Bagi Anda yang tinggal di sekitar Jakarta, maka bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang lokasinya berada di tiga wilayah yakni Bogor, Sukabumi, dan Cianjur, Jawa Barat. Aksesnya pun sangat mudah. Bagi kalian yang berkendara dengan mobil bisa melalui Tol Bocimi, karena hanya sekitar 1 jam dari Jakarta dan bebas macet.

Terlebih, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango termasuk satu dari lima taman nasional pertama di Indonesia yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak 1980. Lalu, tepat pada 6 Maret 2023 kemarin, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merayakan dirgahayunya yang ke-43 tahun.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sapto Aji Prabowo menyampaikan, dalam rangka ulang tahun Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ke-43 tahun, Balai Besar TNGGP menyelenggarakan sejumlah rangkaian acara yang dapat diikuti oleh masyarakat.

“Beberapa waktu lalu, kami menyelenggarakan acara potong tumpeng yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem dan Kementerian Lingkungan Hidup, Kepala Balai TNGGP terdahulu, seluruh jajaran tim Balai Besar TNGGP, dan tamu undangan lainnya. Acara ini sebagai wujud rasa syukur Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atas banyaknya pencapaian yang telah diraih diusianya ke-43 tahun,” ucap Sapto Aji beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan lain yang diikuti oleh masyarakat, seperti Kampanye Pendaki Cerdas, Penyerahan Sertifikasi Akreditasi Gepang Library, Penyerahan Sertifikat Gempa untuk Balai Besar TNGGP, Diskusi dengan tema NGABASO, dan Ngobrol Asik Bareng Sobat GePang dengan para narasumber yang hadir.



“Kami juga terus menghimbau kepada para pendaki dan wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango agar menjadi pendaki yang cerdas dan cinta lingkungan. Mari bersama untuk menjadi pendaki yang cerdas untuk saling menjaga taman nasional,” ujar Kepala Balai Besar TNGGP beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pada salah satu wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang bersebelahan dengan Kawasan Ekonomi Khusus Lido seluas 101,83 Ha akan dikembangkan dan dikelola oleh PT MNC Agro Wisata, anak usaha dari PT MNC Land Tbk, menjadi destinasi baru wisata alam kekinian dengan nama Lido Nature Park, yang rencananya menghadirkan sarana wisata seperti Eco Trail, 360 Tower, Tree House, Glamping, Forest Trail seperti Hiking, Trekking, Mountain Biking, serta adanya suguhan atraksi seni budaya unggulan masyarakat Jawa Barat.

Bagaimana tertarik untuk traveling ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango? Jika tertarik, tentu kalian bisa segera rencanakan waktu traveling ke taman nasional yang lokasinya dekat dengan Jakarta.

Untuk tahu lebih lanjut tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kalian bisa follow akun Instagramnya @bbtn_gn_gedepangrango. Selamat jalan-jalan ke taman nasional!

#TamanNasional
#GunungGedePangrango
#MNCLand
#KEKMNCLidoCity
#MNCAgroWisata
#LidoNaturePark
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)