7 Tempat di Jakarta yang Paling Direkomendasikan untuk Berburu Takjil

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:07 WIB
loading...
7 Tempat di Jakarta yang Paling Direkomendasikan untuk Berburu Takjil
Di beberapa tempat di Jakarta, Anda dapat menemukan berbagai macam menu takjil, dari yang menggugah selera hingga yang legendaris. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berburu takjil adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Buat Anda warga Ibu Kota, ada beberapa tempat di Jakarta yang bisa dijadikan rekomendasi untuk berburu takjil.

Di beberapa tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam menu takjil, dari yang menggugah selera hingga yang legendaris.

Berikut tujuh tempat berburu takjil di Jakarta yang bisa Anda kunjungi, sambil ngabuburit alias menunggu waktu buka puasa, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2023).


1. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa menjadi salah satu lokasi berburu takjil populer yang berada di kawasan Jakarta Pusat. Biasanya, selama bulan Ramadan, para pedagang akan menjajakan dagangan di depan gerbang Masjid Sunda Kelapa yang ada di bilangan Menteng.

Berbagai macam jajanan takjil menarik akan mudah Anda temukan di sini. Mulai puding, es campur, sate ayam, hingga makanan tradisional khas Jakarta. Selain berburu takjil di Masjid Sunda Kelapa, Anda juga bisa sekalian salat maghrib dan tarawih.

2. Pasar Santa

Bagi warga Jakarta Selatan, Pasar Santa bisa jadi tempat berburu takjil yang asyik. Berlokasi di Kebayoran Baru, Pasar Santa, menawarkan berbagai aneka minuman dan makanan takjil lengkap dengan harga yang sangat terjangkau. Kawasan ini memang terkenal menjadi tempat favorit berburu takjil bagi warga Jakarta Selatan lantaran jenis menunya yang beragam. Jadi, Anda bebas berburu makanan sampai puas.

3. Masjid Istiqlal

Anda juga bisa berburu takjil sambil ngabuburit bermanfaat dengan mengunjungi Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat.

Selain bisa ngabuburit bermanfaat dengan mendengarkan pengajian menjelang buka puasa, Anda juga akan dapat takjil gratis dari pihak pengelola. Jika ingin mencari aneka takjil puasa lain, bisa juga kok. Anda cukup menyusuri jalan di sekitar Masjid Istiqlal yang juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis takjil murah meriah.


4. Kramat Raya

Tempat berburu takjil selanjutnya adalah Kramat Raya yang terletak di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan halte busway Senen dan bioskop Senen. Di sini, Anda akan menemukan aneka ragam makanan untuk takjil berbuka puasa. Namun ciri khas dari tempat ini adalah adanya bubur kampiun khas Minang, lemang, hingga nasi kapau.

5. Pasar Benhil

Pasar Benhil terletak di Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sini terdapat aneka makanan ringan yang bisa Anda beli sebagai menu berbuka puasa. Selain makanan ringan, terdapat pula makanan berat. Anda juga akan dengan mudah menemukan jajanan tradisional menjelang berbuka puasa.

6. Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia terletak di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Di area masjid ini terdapat banyak penjual takjil yang menawarkan berbagai menu lezat. Penjual-penjual tersebut bahkan masih berdagang sampai malam hari usai tarawih. Menariknya lagi, pengurus Masjid Cut Meutia juga akan membagi-bagikan takjil bagi siapa saja yang melewati area tersebut.

7. Pasar Pagi Rawamangun

Pasar Pagi Rawamangun juga menjadi salah satu lokasi populer untuk menjadi hidangan berbuka puasa. Terdapat beragam jenis takjil yang bisa Anda temui di sini. Mulai gorengan, kue kering, es kelapa muda, sup buah, dan masih banyak lagi. Namun, yang menjadi incaran para pengunjung adalah es cendol durian dan lemang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3394 seconds (0.1#10.140)