3 Penyakit Mengintai Akibat Tidur setelah Sahur yang Harus Diwaspadai

Senin, 27 Maret 2023 - 09:15 WIB
loading...
3 Penyakit Mengintai Akibat Tidur setelah Sahur yang Harus Diwaspadai
Beberapa penyakit mengintai akibat tidur setelah sahur. Deretan penyakit ini harus diwaspadai. Beberapa masyarakat justru telah menjadikannya sebagai kebiasaan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit mengintai akibat tidur setelah sahur . Deretan penyakit ini harus diwaspadai. Namun sayang, beberapa masyarakat justru telah menjadikannya sebagai kebiasaan.

Tidur setelah sahur sering dilakukan oleh banyak orang dengan alasan masih merasa ngantuk. Bahkan salah satu di antaranya sering melakukan hal ini selama bulan puasa.

Dokter Nadia Alaydrus pun menjelaskan bahaya tidur setelah sahur. Lantas apa saja penyakit tersebut?

Penyakit Mengintai Akibat Tidur setelah Sahur yang Harus Diwaspadai


Berikut daftar penyakit mengintai akibat tidur setelah sahur seperti dirangkum dari Instagram resmi Dokter Nadia Alaydrus, Senin (27/3/2023).


1. Lemak Tubuh Menimbun


"Ketika kamu langsung tidur setelah sahur, kalori yang tersimpan dalam tubuh akan menjadi lemak. Kalau ini terjadi terus menerus, maka lemak tubuh akan menumpuk dan memicu terjadinya obesitas," kata Nadia.

2. Asam Lambung Naik atau GERD


"Ketika kita (langsung) tidur (setelah sahur), proses pencernaan akan terhambat, sehingga lambung akan secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan," jelas Nadia.

Posisi tidur itu akan melonggarkan klep lambung dan menyebabkan asam lambung. "Nah, asam lambung yang terbentuk di dalam perut itu kemudian mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan luka, sehingga menimbulkan sensasi panas, terbakar pada dada, dan nyeri ulu hati," sambungnya.

3. Sembelit


Kondisi ini terjadi karena timbunan makanan dalam perut tidak tercerna dengan baik, ketika tubuh dalam posisi tidur. "Ditambah lagi risiko sembelit ini akan lebih besar karena kurangnya asupan cairan pada tubuh saat berpuasa," ujar Nadia.

Dia pun meminta kepada masyarakat agar tidak langsung tidur setelah sahur. "Jadi, jangan dibiasakan, ya, langsung tidur setelah sahur," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)