7 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Nomor Terakhir Bikin Tubuh Tetap Bugar

Selasa, 28 Maret 2023 - 08:56 WIB
loading...
7 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Nomor Terakhir Bikin Tubuh Tetap Bugar
Cara menahan lapar saat puasa sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin dianjurkan, baik dari segi medis maupun secara agama. Foto/Ilustrasi/Pexels
A A A
JAKARTA - Cara menahan lapar saat puasa sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin dianjurkan, baik dari segi medis maupun secara agama.

Sebagaimana diketahui, ketika berpuasa, ada waktu-waktu tertentu perut mulai terasa lapar. Perasaan lapar ini merupakan suatu hal yang wajar.

Sebenarnya rasa lapar itu hanyalah bersifat sementara, dan hanya akan berlangsung sekitar 20 menit. Namun kebanyakan orang tidak menyadari hal ini, karena mereka tidak membiarkan rasa lapar bertahan hadir cukup lama.

Fase awal puasa jelas merupakan yang paling menantang karena 'nafsu makan' Anda akan terus mendorong untuk makan, dan rasa lapar yang sebenarnya kemudian membuat tubuh terbiasa.



Tetapi Anda bisa mencoba 7 cara menahan rasa lapar berikut ini, agar puasa Anda berjalan lancar.

1. Sahur

Jangan sembarangan sahur, penting untuk Anda untuk memilih menu makan yang tepat sebagai energi cadangan selama seharian berpuasa.

Salah satunya adalah makanan berserat. Hal ini dikarenakan, tubuh perlu mencerna serat lebih lama daripada jenis makanan lainnya. Nah, proses pencernaan yang lebih lama ini yang memberi efek kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, coba perbanyak sayur dan buah saat sahur supaya tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat dan Tinggi Lemak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)