Ini 6 Asupan Makanan Berbuka Puasa yang Perlu Dikurangi, Simak Daftarnya!

Rabu, 29 Maret 2023 - 14:16 WIB
loading...
Ini 6 Asupan Makanan Berbuka Puasa yang Perlu Dikurangi, Simak Daftarnya!
Terdapat sejumlah asupan makanan saat berbuka puasa yang perlu dikurangi. Salah satunya gorengan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah asupan makanan saat berbuka puasa yang perlu dikurangi. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan efeknya yang kurang baik terhadap tubuh yang baru saja menahan lapar dan haus dalam waktu lama.

Ibadah puasa di bulan ramadan menjadi kewajiban yang wajib dilakukan umat muslim. Setelah menahan lapar dan haus sampai tenggelamnya matahari, waktu berbuka puasa tentu menjadi hal yang ditunggu.

Namun, asupan makanan saat berbuka puasa tidak boleh dipilih secara sembarangan. Dalam hal ini, terdapat sejumlah menu yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat masuk waktu iftar.

Asupan Makanan Saat Berbuka Puasa yang Perlu Dikurangi

Berikut sejumlah asupan makanan berbuka puasa yang dianjurkan untuk dikurangi.

1. Gorengan

Tak bisa dipungkiri, gorengan menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak dan gurih, variannya pun cukup beragam, sehingga menarik untuk dicoba.

Akan tetapi, konsumsi gorengan saat berbuka puasa tidaklah dianjurkan. Mengutip laman NationalNews,, kandungan minyak dalam gorengan bisa meningkatkan menyebabkan rasa begah sampai gangguan pencernaan.

2. Makanan Pedas

Sama seperti gorengan, sebagian orang juga sangat menyukai makanan pedas. Namun, konsumsi jenis makanan ini tidak dianjurkan sebagai menu berbuka puasa.

Pada kondisi perut yang belum terisi seharian, makanan pedas bisa menimbulkan rasa mulas. Sehingga, Anda bisa menggantinya terlebih dahulu menu lain yang lebih sehat.

3. Minuman Berkarbonasi

Sejatinya, minuman berkarbonasi memang terlihat menggiurkan untuk berbuka. Akan tetapi, jenis minuman bersoda ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa, karena perut masih dalam keadaan kosong.

Selain dapat membuat perut kembung, minuman bersoda ini juga bisa meningkatkan asam lambung pada tubuh. Maka dari itu, akan lebih baik untuk mengonsumsi air putih sebagai penggantinya.


4. Makanan Tinggi Gula

Asupan yang terlalu manis juga tidak boleh dibiasakan sebagai makanan berbuka puasa. Dalam hal ini, olahan manis memang bisa mengembalikan energi dengan kadar gula yang dimiliki.

Namun, makanan tinggi gula ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, termasuk saat buka puasa. Selain mengandung nilai gizi sedikit dan banyak kalori, mereka bisa memunculkan dampak masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

5. Makanan Bersantan

Kandungan lemak jenuh pada santan bisa menimbulkan dampak buruk saat dikonsumsi, terlebih saat perut kosong setelah berpuasa. Jenis olahan bersantan dianjurkan untuk dikurangi dan diganti dengan menu lain yang lebih sehat.

6. Minuman Mengandung Kafein

Asupan makanan berbuka puasa yang kurang dianjurkan berikutnya adalah minuman mengandung kafein seperti kopi. Kondisi perut yang kosong bisa menimbulkan peningkatan asam lambung jika meminum kopi secara langsung.

Demikian ulasan mengenai sejumlah asupan makanan berbuka puasa yang dianjurkan untuk dikurangi atau bahkan dihindari.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2524 seconds (0.1#10.140)