Jelajah Aktivitas Menarik di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Jum'at, 31 Maret 2023 - 12:24 WIB
loading...
Jelajah Aktivitas Menarik di Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Wakatobi mempunyai keindahan laut yang indah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Wakatobi merupakan salah satu surga bahari terindah di dunia yang berada di Indonesia. Terletak di Sulawesi Tenggara menjadikannya sebagai primadona wisata yang menyimpan banyak sekali hal magis yang bisa Anda explore. Mulai dari wisata bawah laut, wisata pantai, peninggalan bersejarah, hingga budayanya.

Pada 2016 lalu, Wakatobi telah ditetapkan oleh pemerintah menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Menariknya, data dari Taman Nasional Wakatobi menunjukkan bahwa 90% jenis karang di dunia terdapat di sini. Berikut ini merupakan beberapa aktivitas yang kamu lakukan saat berkunjung ke Wakatobi.



1. Menyelami Eksotisme Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi
Anda akan merasakan betapa indahnya surga bawah laut di tempat ini. Taman Nasional Wakatobi ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO sejak 2012 silam, karena terdapat kurang lebih 750 dari total 850 jenis koral dunia yang hidup di perairan ini. Tidak hanya itu, Wakatobi juga dijuluki sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia.

2. Mengunjungi Habitat Asli Lumba-lumba
Penasaran ingin bertemu langsung dengan lumba-lumba di laut lepas? Wakatobi lah tempat terbaiknya. Anda akan disapa oleh formasi kawanan mamalia laut cerdas satu ini jika Anda berkunjung di pagi hari. Untuk ke sini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit dari Pulau Wangi-wangi dengan menggunakan kapal.

3. Mengintip Kampung “Manusia Laut” Suku Bajo
Suku Bajo terkenal dengan sebutan “manusia laut” atau manusia “gipsy sea” di mana memang mereka lahir, tumbuh, dan hidup di lautan, sehingga mereka memiliki pengetahuan akan navigasi laut yang hanya bermodalkan bintang saja. Salah satu kehebatan dari orang-orang Suku Bajo adalah kemampuan menyelam di kedalaman 25-50 meter tanpa memakai alat bantu diving.

4. Wisata Sejarah ke Desa Liya Togo, Wangi-Wangi
Di Wakatobi terdapat sebuah desa yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat kehidupan masyarakat setempat. Namanya adalah Desa Wisata Liya Togo di Kecamatan Wangi-wangi Selatan yang mempunyai beragam kebudayaan dan situs peninggalan sejarah.



Saat ke desa ini, Anda diharuskan mengenakan sarung kain tenun khas masyarakat Liya Togo. Untuk pria, biasanya kain dililitkan pada pinggang dengan panjang di bawah lutut, sedangkan untuk wanita dipakai dengan cara mengikatkan sarung ke salah satu pundak saja.

Bagi Anda yang ingin membuktikan sendiri keindahan yang ada di Wakatobi, segera wujudkan rencana Anda bersama Mister Aladin. Dapatkan diskon s.d Rp500.000 untuk terbang ke beragam destinasi prioritas Indonesia, yang salah satunya adalah Wakatobi ini. Informasi mengenai promo ini dapat diakses melalui halaman berikut
https://www.misteraladin.com/promotions/kelilingnusantara .
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2632 seconds (0.1#10.140)