7 Fakta Unik Mengenai April Mop, Salah Satunya Berakhir Tragis

Jum'at, 31 Maret 2023 - 15:40 WIB
loading...
7 Fakta Unik Mengenai April Mop, Salah Satunya Berakhir Tragis
Fakta unik mengenai April Mop atau April Fools Day menarik untuk ditelusuri. April Mop biasanya diperingati 1 April setiap tahun di seluruh dunia. Foto/History
A A A
JAKARTA - Fakta unik mengenai April Mop atau April Fools Day menarik untuk ditelusuri. April Mop biasanya diperingati 1 April setiap tahun di seluruh dunia.

April Mop merupakan hari di mana orang dapat berbagi lelucon, prank dan kebohongan dengan orang-orang terdekatnya. April mop sangat menyenangkan jika dilakukan bersama teman terdekat.

Berikut beberapa fakta unik mengenai April Mop dilansir dari Mirror, Jumat (31/3/2023).

Fakta Unik Mengenai April Mop



Baca Juga: Tradisi April Mop di Berbagai Negara, Salah Satunya dengan Menempel Ikan Kertas di Pungggung


1. Dikaitkan dengan Festival di Romawi Kuno


Beberapa sejarawan mengaitkan April Mop dengan festival pembaruan Romawi kuno Hilaria. Tujuannya yakni untuk menghormati Cybele, ibu para dewa, di mana pada festival tersebut melibatkan orang-orang yang berdandan dalam penyamaran.

Segala macam permainan dan hiburan diizinkan selama Hilaria. Salah satu yang populer adalah mengenakan topeng, di mana orang yang menyamar dapat meniru siapa pun yang mereka suka.

2. Pengaruh dari Inggris


Hari April Mop menyebar ke seluruh Kerajaan Inggris yang kuat sepanjang abad ke-18. Penting untuk dicatat bahwa Kerajaan Inggris menjajah sebagian Amerika, Afrika, dan India selama periode waktu ini.

Secara alami, perayaan April Mop kemudian menyebar secara global sebagai akibat dari pengaruh Inggris ini. Selain itu, warga Skotlandia Inggris menerapkan perayaan dua hari pada tanggal 1 April.

3. Dirayakan di Berbagai Negara


April Mop ternyata banyak diperingati di berbagai penjuru dunia. Negara Italia, Belgium, Prancis, dan Quebec sering menyebut April Mop sebagai April Fish.

Bagian dari kebiasaan ini adalah menempelkan ikan kertas ke punggung seseorang sebagai lelucon, tanpa diketahui. Kebiasaan ini juga disebut sebagai Poisson d'Avril.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2583 seconds (0.1#10.140)