Sempat Takut Perankan Buya Hamka, Vino G Bastian: Beliau Ulama Besar

Jum'at, 31 Maret 2023 - 16:53 WIB
loading...
Sempat Takut Perankan Buya Hamka, Vino G Bastian: Beliau Ulama Besar
Vino G Bastian. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Aktor Vino G Bastian mengaku dirinya sempat takut sebelum menerima tawaran bermain film Buya Hamka. Sebab, kata dia, figur yang diperankannya itu adalah tokoh besar yang diakui hingga mancanegara.

"Takut sih ya awalnya karena memang tahunya Buya Hamka itu karya sastranya, roman-romannya. Beliau adalah seorang pahlawan dan ulama besar dan bukan ulama yang hanya diakui di Indonesia tapi di dunia," papar Vino G Bastian di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023).

Suami dari Marsha Timothy ini sempat gugup karena memikul tanggung jawab besar untuk memerankan sosok sekaliber Buya Hamka. Namun keyakinannya menguat untuk mengambil tawaran itu lantaran didukung oleh para produser dan sutradara yang langsung menjelaskan kepada pihak keluarga Buya Hamka terkait terpilihnya Vino.

"Saya jadi deg-degan, mampu nggak saya untuk membawakan sosok sebesar ini. Akhirnya saya pergi bertemu keluarga Buya bersama tim Falcon pictures, Starvision dan sutradara Fajar Bustomi. Beliau menjelaskan memang kami ikut andil memilih Vino untuk peran Buya Hamka ini karena ada beberapa pertimbangan dari mereka ini," jelas Vino.



Rupanya, keluarga dari Buya Hamka juga turut mendukung Vino G Bastian untuk membintangi sosok Buya Hamka. Pihak keluarga Buya Hamka memerlukan sosok yang bisa mewakili untuk menyampaikan pemikiran Buya Hamka kepada generasi penerus dimana Vino G. Bastian dirasa orang yang tepat. Bagi pihak keluarga, hal tersebut lah yang menjadi prioritas utama, bukan perkara kemiripan wajah.

"Buat mereka bukan soal mirip atau tidak miripnya dengan Buya Hamka, tapi bagaimana karakter saya nantinya bisa mewakili pemikiran Buya. Bisa menyampaikan dakwah beliau dan bisa menyampaikan gagasan beliau yang mungkin generasi sekarang udah gak tau," ungkap Vino.

Terlebih, Vino menyadari bahwa dirinya ingin membuat sebuah gebrakan baru untuk menyuguhkan tontonan yang bukan sekadar menghibur melainkan bisa memiliki pengaruh besar dalam peradaban generasi penerus bangsa.

"Dari situ saya mulai (berpikir) ini jadi satu kesempatan saya untuk berbuat sesuatu untuk generasi saya, bukan hanya buat film yang menghibur saja," terangnya.



Sehingga, dirinya mengubah ketakutan itu menjadi motivasi untuk meneruskan tongkat estafet untuk berjuang memberikan nilai-nilai kehhidupan yang baik bagi bangsa ini seperti yang dilakukan Buya Hamka.

"Tapi juga ada tongkat estafet yg harus saya sampaikan bahwa ada sosok ulama besar Indonesia, pejuang, sastrawan, bahkan seorang jurnalis yang punya andil besar dalam kemerdekaan indonesia. Itu jadi suatu kehormatan dan kebanggaan buat saya," pungkasnya

Sebagai informasi, Film Buya Hamka diperankan oleh sederet aktor dan aktris kenamaan lainnya, seperti Laudya Chintya Bella, Dessy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama ini. Film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia di momen menjelang Lebaran tepatnya pada 20 April 2023.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)