Kolaborasi Jadi Kunci Atasi 70 Persen Orang dengan Diabetes di Pedesaan Jawa Barat

Senin, 03 April 2023 - 14:16 WIB
loading...
Kolaborasi Jadi Kunci Atasi 70 Persen Orang dengan Diabetes di Pedesaan Jawa Barat
Kementerian Kesehatan telah mengambil beberapa langkah untuk menangani diabetes di Indonesia. Salah satunya dengan berkolaborasi untuk melakukan transformasi layanan kesehatan primer. Foto/Ilustrasi/Times Now News
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengambil beberapa langkah untuk menangani diabetes di Indonesia. Salah satunya dengan berkolaborasi untuk melakukan transformasi layanan kesehatan primer.

Hal ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi diabetes melalui peningkatan kesadaran masyarakat, pencegahan primer, pencegahan sekunder dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas layanan kesehatan primer.

Inisiatif ini juga berfokus pada promosi kesehatan, deteksi dini, dan akses pengobatan yang lebih baik. Upaya tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengatasi peningkatan kasus diabetes serta meningkatkan kesehatan masyarakat.

Ketua Tim Kerja Penyakit Diabetes Melitus & Gangguan Metabolik Kemenkes RI, Dokter Esti Widiatuti, MScPH, manyampaikan bahwaKemenkes memiliki komitmen untuk penanganan kesehatan dari tingkat primer sampai ke sistem pendukung lainnya, termasuk di dalamnya pencegahan dan pengendalian diabetes.



"Dalam Strategi Transformasi Kesehatan Nasional, kami fokus kepada (1) transformasi layanan primer; (2) transformasi layanan rujukan; (3) transformasi sistem ketahanan kesehatan; (4) transformasi sistem pembiayaan kesehatan; (5) transformasi SDM kesehatan; dan (6) transformasi teknologi kesehatan. Dengan penguatan penanganan semua aspek penanganan kesehatan ini, kami berharap dapat mengurangi 25 persen komplikasi klinis diabetes.” jelasnya.

Vice President dan General Manager Novo Nordisk Indonesia, Sreerekha Sreenivasan menggarisbawahi pernyataan Kemenkes mengenai Strategi Transformasi Sistem Kesehatan Nasional.

“Di Novo Nordisk Indonesia, kami percaya bahwa untuk mendorong dampak perubahan pada diabetes, kita harus fokus pada tingkat akar rumput. Kolaborasi multi-sektor adalah kuncinya, dan keberlanjutan sangat penting untuk memastikan pencapaian yang terus menerus,” ujarnya.

Sebagai mitra strategis dari G2G MoU, Novo Nordisk Indonesia telah secara aktif mendukung Kemenkes melalui berbagai inisiatif, termasuk pilot project untuk penanganan diabetes di wilayah Jawa Barat.

Novo Nordisk Indonesia telah bekerja sama dengan Kemenkes untuk mengidentifikasi daerah yang paling memerlukan layanan perawatan diabetes dan memberikan dukungan untuk layanan di fasilitas kesehatan primer di area tersebut.

Selain itu, proyek ini juga turut melakukan kampanye kesadaran publik dan skrining untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan pengelolaan diabetes.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)