Orang Tua Wajib Waspadai Penyebab Diabetes pada Anak

Senin, 03 April 2023 - 20:19 WIB
loading...
A A A
Dokter Spesialis Anak, dr. Tiurma Lisapine Pangaribuan memaparkan bahwa terdapat 2 jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe satu disebabkan kurangnya insulin pada anak, dan ini biasanya terjadi sejak lahir. Sedangkan tipe dua terjadi pada anak, hingga dewasa.

"Kalau diabetes tipe dua karena gaya hidup yang mengonsumsi kadar gula yang tinggi, yang menyebabkan kadar gula menjadi naik. Nah itulah asal terjadinya diabetes pada anak-anak," kata dr. Tiurma.

Agar terhindar diabetes, dr. Tiurma menyarankan orang tua agar melakukan pengawasan ekstra supaya pola makan anak-anak dapat beragam, mengandung gizi yang seimbang serta menghindari makanan minuman yang tinggi gula.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai terkait diabetes tipe 1 pada anak. Gejala yang umum terjadi, antara lain, anak akan lebih mudah lelah, berat badan akan menurun, sering kencing, dan sebagainya.

"Itu harus diwaspadai apabila orang tua melihat gejala seperti itu, anaknya harus segera diperiksa ke dokter," saran dr. Tiurma.

Sementara, project leader Changing Diabetes in Children (CDiC) Indonesia - Ikatan Dokter Anak Indonesia, Prof. Dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), memaparkan bahwa diabetes tipe 1 bisa terjadi karena kerusakan sel beta pankreas yang dipicu berbagai faktor, seperti infeksi virus, autoimun, hingga defisiensi vitamin D.

"Virus akan menurunkan imunitas tubuh, sehingga sel beta pankreas mudah rusak dan tak mampu memproduksi hormon insulin untuk menormalkan kadar gula dalam darah," ungkapnya.



"Diabetes juga mungkin disebabkan karena kurang vitamin D. Ada banyak hal yang terganggu apabila kekurangan vitamin D, termasuk berkurangnya imunitas tubuh sehingga menyebabkan rusaknya sel beta pankreas," lanjut dia.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6379 seconds (0.1#10.140)