6 Tips Traveling saat Puasa Agar Badan Tetap Prima

Selasa, 04 April 2023 - 15:50 WIB
loading...
6 Tips Traveling saat Puasa Agar Badan Tetap Prima
Tips traveling saat puasa penting untuk diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tips traveling saat puasa penting untuk diketahui. Terutama bagi mereka yang suka melakukan kegiatan yang menyenangkan ini tanpa terganggu ibadah puasanya.

Puasa merupakan salah satu ibadah terindah bagi umat Islam di seluruh dunia. Ibadah yang satu ini adalah satu di antara lima rukun Islam yang harus dipenuhi.

Banyak dari mereka yang cenderung berdiam diri dan tidak melakukan kegiatan bepergian selama bulan Ramadan dengan alasan sedang melakukan ibadah puasa. Padahal puasa bukan menjadi alasan untuk bepergian jika telah memiliki perencanaan yang tepat.



Agar liburan dan ibadah traveling di bulan Ramadan ini berjalan dengan lancar, ada beberapa tips traveling saat puasa yang bisa diikuti.

Tips Traveling saat Puasa

Berikut ini adalah enam tips traveling saat puasa agar badan tetap prima

1. Pemilihan Destinasi yang Tepat

Pertama adalah dengan cara memilih destinasi yang sesuai dengan kemampuan diri kita. Jika sedang puasa, sebaiknya hindari wisata pemacu adrenalin seperti mendaki gunung, arung jeram, atau aktivitas berat lainnya saat berpuasa.

Sebagai pilihannya, kalian bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi museum atau masjid megah dan indah. Selain itu bisa juga mengganti aktivitas trekkingnya dengan memilih berjalan-jalan di pusat kotam taman maupun melakukan mall hopping.

2. Menu Sahur yang Bernutrisi

Sahur menjadi aktivitas yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan saat berada di bulan puasa. Hal ini menjadi penting karena tubuh akan memerlukan banyak asupan agar mampu melakukan perjalanan sesuai rencana.

Agar menjaga kondisi badan tetap bugar dan selama melakukan traveling, penting rasanya untuk menyantap menu sahur yang padat akan nutrisi. Selain itu hindari minum kopi atau teh saat sahur untuk menghindari intensitas buang air kecil yang menyebabkan tubuh cepat haus.

3. Menyiapkan Perbekalan

Meski sedang menjalankan ibadah puasa, sebotol air maupun camilan perlu dibawa selama melakukan kegiatan traveling. Hal ini bisa menjadi antisipasi jika memasuki waktunya berbuka, perjalanan belum selesai.


4. Meminimalisir Barang Bawaan

Agar tidak menguras banyak tenaga saat menuju lokasi, cobalah untuk meminimalisir barang yang akan dibawa ke tempat yang dituju. Bawalah barang seperlunya seperti dompet, perlengkapan sholat, perbekalan dan pakaian yang dibutuhkan.

Selain mengurangi beban saat bepergian, membawa barang seperlunya juga akan menghindarkan kita dari resiko berbahaya saat membawa barang yang berlebihan.

5. Mengetahui Waktu Sahur dan Berbuka

Setiap wilayah di dunia mempunyai perputaran waktu yang berbeda-beda, begitu pula dengan perbedaan waktu sahur dan berbuka puasanya. Maka dari itu, sebelum bepergian pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu waktu sahur dan berbuka di tempat yang dituju.

6. Tidak Meninggalkan Ibadah

Meski masih dalam perjalanan yang menyenangkan, ibadah sholat tidak boleh dilupakan. Ketika mendengar adzan, segeralah mampir ke masjid atau mushola untuk sholat. Sehingga perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman karena ibadah tidak ditinggalkan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)