Pengobatan Ida Dayak Bisa Sembuhkan Patah Tulang? Ini Kata Dokter Ortopedi

Rabu, 05 April 2023 - 13:51 WIB
loading...
Pengobatan Ida Dayak Bisa Sembuhkan Patah Tulang? Ini Kata Dokter Ortopedi
Ida Dayak (tengah) dijaga provos dalam kerumunan warga yang meminta pengobatannya di Lapangan Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (3/4/2023). Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Nama Ida Dayak belakangan ini menjadi perbincangan publik. Dia dikenal sebagai wanita sakti yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari keseleo, salah urat, patah tulang, hingga stroke.

Ida Dayak memberikan pengobatan tradisional dengan menggunakan minyak urut warna merah. Minyak yang menggunakan bahan baku dari Suku Dayak itu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain dinilai mampu mengobati berbagai penyakit, Ida Dayak juga dapat menyembuhkan pasiennya dalam waktu singkat. Dan yang menarik, dia memberikan pengobatan secara cuma-cuma alias gratis. Tak heran bila banyak masyarakat rela mengantre berjam-jam demi mendapat pengobatan dari Ida Dayak.



Melihat fenomena pengobatan alternatif yang dilakukan Ida Dayak, Consultant Orthopaedic, Arthritis, and Sport Surgeon di ALTY Orthopaedic Hospital, Kuala Lumpur, Assoc Prof (C) dr Ruslan Nazaruddin Simanjuntak angkat bicara. Dokter Ruslan mengatakan, pengobatan seperti itu bisa saja dilakukan, namun harus dilihat dulu seberapa parah kasus yang dialami pasien.

"Kalau patahnya simple dan nggak rumit, mungkin bisa. Tapi kalau patahnya rumit, ada luka pada tangan yang patah, itu nggak bisa ditangani oleh Ibu Ida Dayak. Mungkin bisa sembuh, tapi dalam keadaan yang nggak betul dan memerlukan operasi," ujar dr Ruslan saat dihubungi SINDOnews pada Rabu (5/4/2023).

Menurut dr Ruslan, mengatasi masalah patah tulang dengan treatment alternatif seperti metode urut atau pijat bisa saja, namun kembali lagi harus dilihat seberapa parah masalah patah tulangnya.



"Kalau treatment main treatment-nya secara medis khusus untuk tulang. Mungkin selepas lengkap rawatan medis, mau diurut otot-ototnya ya bisa aja," jelasnya.

Dokter Ruslan pun memberikan pendapat bahwa tidak semua penyakit patah tulang bisa diatasi dengan urut. Sebab, ada banyak risiko yang akan terjadi, misalnya infeksi bila ada luka pada patah tulang tersebut.

"Terus juga kecederaan pada urat saraf atau saluran darah dan penyembuhan yang tak sempurna. Contoh, malunion di mana tulang menjadi bengkok atau malrotasi. Ini menyebabkan fungsi tangan menjadi tak sempurna," tutup dr Ruslan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)