Benarkah Bayi Lahir Caesar Lebih Mudah Sakit? Ini Jawabannya!

Rabu, 05 April 2023 - 18:46 WIB
loading...
Benarkah Bayi Lahir Caesar Lebih Mudah Sakit? Ini Jawabannya!
Benarkah bayi yang dilahirkan secara caesar gampang sakit? Ini bisa jadi pertanyaan yang ada di benak para calon ibu. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Benarkah bayi yang dilahirkan secara caesar gampang sakit? Ini bisa jadi pertanyaan yang ada di benak para calon ibu.

Banyak orang tua meyakini bahwa persalinan normal adalah yang terbaik. Hal itu benar adanya, karena proses fisiologi tubuh akan berjalan normal setelahnya.

Beda dengan persalinan caesar, di mana harus dilakukan tindakan operasi pada tubuh ibu dan itu dapat memberi dampak kurang baik pada bayi yang dilahirkan.



"Saat proses melahirkan secara normal, bayi pertama kali bersentuhan dengan mikroba baik yang ada di Miss V ibunya. Itu memberi kekebalan tersendiri pada tubuh bayi," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi dr Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam webinar yang diselenggarakan Danone SN, Rabu (5/4/2023).

"Lain cerita dengan bayi lahir caesar yang mana mereka pertama kali berinteraksi dengan mikroba tubuh ibu yang ada di kulit, yang mana kebanyakan adalah mikroba jahat, bukan baik," tambahnya.

Karena mikroba yang terpapar pertama kali berbeda, lanjut dr Ariani, itu membuat bayi yang lahir caesar dapat berisiko lebih mudah sakit dibandingkan bayi yang lahir normal.

Lebih jauh dr Ariani menjelaskan paparan mikroba apa saja yang terjadi pada bayi lahir normal vs bayi lahir caesar.

Bayi Lahir Normal

1. Bifidobacterium

2. Lactobacillus

3. Bacteroides

4. Enterobacteriaceae
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)