Tanda Awal Gagal Jantung, Ini 5 Gejala yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 05 April 2023 - 19:32 WIB
loading...
Tanda Awal Gagal Jantung, Ini 5 Gejala yang Perlu Diwaspadai
Ada tanda awal gagal jantung yang harus diwaspadai. Gagal jantung merupakan masalah kesehatan global yang mempengaruhi sekitar 64 juta orang di seluruh dunia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tanda awal gagal jantung yang harus diwaspadai. Gagal jantung merupakan masalah kesehatan global yang mempengaruhi sekitar 64 juta orang di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa gagal jantung menyebabkan tingkat kematian yang tinggi.

Kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti pola makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, merokok, kurang aktivitas fisik, dan stres dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung .

Seringkali, gagal jantung berkembang sebagai hasil dari berbagai faktor risiko seperti serangan jantung. Seperti tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, diabetes tipe-2, gangguan lipid, obesitas, penyakit ginjal kronis, anemia, penyakit jantung rematik, atau hanya terkait dengan penuaan.

Deteksi dini gejala dan tanda bersama dengan intervensi medis tepat waktu dapat secara signifikan mengurangi risiko gagal jantung yang memburuk, berpotensi mengurangi rawat inap atau kematian. Berikut gejala gagal jantung yang harus diwaspadai dilansir dari India.com, Rabu (5/4/2023).

Tanda Awal Gagal Jantung




1. Kelelahan


Ketika jantung tidak dapat memompa darah beroksigen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, darah dialihkan dari organ seperti otot atau anggota badan ke organ vital seperti otak atau ginjal. Oleh karena itu, pasien dengan gagal jantung merasa lelah sebagian besar waktu dan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk pulih dari kelelahan.

2. Keterbatasan Aktivitas


Seiring waktu, kelelahan terjadi dan menyebabkan penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti berjalan atau menaiki tangga.



3. Penumpukan Cairan


Penumpukan cairan berlebihan di paru-paru karena pemompaan jantung yang tidak memadai menyebabkan batuk, mengi, dan kesulitan bernapas.

4. Edema


Edema atau pembengkakan di area pergelangan kaki dan kaki terjadi ketika ada pengumpulan cairan di kaki bagian bawah setelah jantung tidak dapat memompa darah kembali secara efisien. Jika tidak diobati, pembengkakan dapat naik ke paha dan perut, mengakibatkan kenaikan berat badan dan mobilitas terbatas.



5. Sesak Napas


Ketika aliran darah dari jantung melambat, darah kembali ke pembuluh darah bocor kembali ke paru-paru. Cairan ini menyulitkan karbon dioksida dalam darah untuk ditukar dengan oksigen segar, menyebabkan kesulitan bernapas. Orang dengan gagal jantung akan mengalami sesak napas selama aktivitas normal sehari-hari, atau bahkan saat istirahat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)