Antara Pria dan Wanita, Siapakah yang Rentan Alami Gagal Jantung?

Rabu, 09 November 2022 - 06:35 WIB
loading...
Antara Pria dan Wanita, Siapakah yang Rentan Alami Gagal Jantung?
Gagal jantung bisa dialami siapapun, baik itu wanita maupun pria. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Gagal jantung bisa dialami siapapun, baik itu wanita maupun pria. Akan tetapi, pria tercatat lebih mendominasi menderita hal tersebut.

Fakta tersebut terungkap dalam hasil penelitian yang dilakukan RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

Dokter spesialis jantung, dr. Rarsari Soerarso Pratikto, Sp.JP(K) menyebutkan jika sebanyak 81% pria mengalami gagal jantung. Sedangkan sisanya adalah kaum wanita.

Baca juga: Park Hyatt Jakarta Borong Dua Penghargaan Exquisite Award 2022

Lantas, mengapa pria lebih rentan terkena gagal jantung? Dokter Rarsari menerangkan bahwa pria secara psikologis dan sosial lebih berat.

Hal itu pun mendorong pria lebih mudah stres, dan mengalami gagal jantung.

"Memang laki-laki secara hormonal berbeda dari perempuan. Dan beban juga lebih berat daripada perempuan. Jadi ada penelitian, mengatakan bahwa secara antalogis, psikologis dan sosial memang pria lebih berat," bebernya di Jakarta, Selasa (8/11/2022).



Sementara itu, angka kematian gagal jantung di Indonesia jika dibandingkan negara ASEAN lainnya, terbilang tertinggi yakni 17%. Gagal jantung pun jadi salah satu penyakit yang ditakuti masyarakat.

"Jantung kalau rusak, ya sudah (meninggal). Jadi jantung bagian terpenting karena memompa darah ke seluruh tubuh, apabila bermasalah, memicu adanya gangguan," kata dr. Rarsari.

Baca juga: Larang Penggunaan Obat Cair, Ini Saran Dinkes DKI Jakarta untuk Atasi Anak Demam

Untuk diketahui, penyakit jantung masuk ke dalam penyakit yang tidak menular (PTM). Berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019, penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1539 seconds (10.177#12.26)